Senin, 08 Jul 2019 16:45 WIB

Mata Ikan: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Puti Yasmin - detikHealth
Mata Ikan: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati/Foto: Dok. Daily Mail Mata Ikan: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati/Foto: Dok. Daily Mail
Jakarta - Munculnya mata ikan tentu membuat seseorang merasa tidak nyaman. Nah, kenali yuk penyebab, gejala dan cara mengobatinya!

Mata ikan biasa terjadi di telapak kaki sehingga membuat seseorang akan sulit berjalan karena rasa yang kurang nyaman. Penyakit ini dalam istilah medis dikenal dengan nama clavus.



Berikut penyebab, gejala, dan cara mengobati mata ikan:

1. Penyebab

Munculnya mata ikan tak lepas dari kebiasaan sehari-hari, misalnya karena gesekan berulang khususnya pada bagian tumit atau telapak kaki.

Mata ikan juga disederhanakan sebagai kulit yang menebal dan berlapis. Lebih lanjut, penggunaan sepatu yang sempit, sol sepatu yang tidak nyaman atau high heels bisa memicu gesekan yang mengakibatkan penebalan kulit.

Mata ikan juga bisa muncul pada bagian tangan. Hal itu dikarenakan penggunaan perkakas tangan yang biasa digunakan sehari-hari.

2. Gejala

Berbeda dengan kapalan, gejala dari mata ikan menimbulkan penebalan, pengerasan, hingga tonjolan pada kulit. Bahkan, pada bagian tersebut akan muncul rasa sakit atau nyeri.

Selain itu, mata ikan biasanya berbentuk bulat dan ukurannya lebih kecil dari kapalan dan memiliki bagian tengah yang lebih keras dibandingkan kulit di sekitarnya yang meradang.

3. Cara Mengobati

Ada banyak cara mengobati mata ikan, cara yang paling populer yakni dengan melakukan operasi mata ikan. Biasanya operasi memakan waktu kurang lebih 30 menit. Masa penyembuhannya pun selama 1 minggu.

Sementara itu, ada juga cara lainnya yakni dengan menggunakan obat krim sehingga bisa mengangkat sel-sel mati. Hal ini membuat kulit yang menebal menjadi menipis dan lembut hingga sembuh dalam waktu kurang lebih sekitar 1 minggu.

Obat krim yang bisa digunakan harus mengandung asam salisilat sehingga membantu melunakkan dan mengangkat jaringan kulit yang mati. Pasien mata ikan juga diimbau tidak mencongkel atau menggunting kulitnya sendiri karena berisiko meningkatkan infeksi bateri, seperti selulitis hingga sepsis.



Mata ikan juga bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan alami, cara menghilangkan mata ikan dengan bawang putih yakni menggosokkan pada kulit selama satu menit. Kemudian, tutupi bagian dengan perban dan isi dengan tumbuhkan bawang putih selama semalam. Ulangi kegiatan ini hingga mata ikan sembuh.

Untuk mencegah mata ikan seseorang diminta untuk menggunakan sepatu yang didesain baik sehingga tekanannya merata. Misalnya mengurangi penggunaan high heels.

Sementara itu, bahaya mata ikan bila tak diatasi dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada bagian sekitar, bengkak, bau, hingga sulit disembuhkan.

Simak Video "Bungee Workout, Olahraga Paduan Tari dan Akrobat"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)