Selasa, 09 Jul 2019 08:05 WIB

Deretan Manfaat Kesehatan Si Merah Cantik Buah Stroberi

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Stroberi kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. (Foto: Ilustrasi/thinkstock) Stroberi kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. (Foto: Ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Stroberi merupakan buah populer yang dikenal banyak orang. Buah stroberi umumnya disukai karena bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, bisa dimakan langsung, di jus, jadi smoothie, bahkan menambah rasa asam yang enak pada makanan gurih seperti salad.

Buah stroberi pun tak sulit ditemukan. Rasanya yang manis-asam ini juga menyimpan deretan manfaat bagi kesehatanmu. Tak hanya cantik, berikut adalah deretan manfaatnya, seperti dirangkum dari Health.com.



1. Rendah kalori
Dalam 128 gram stroberi mengandung 46 kalori saja. Jadi sangat cocok untuk kamu yang sedang diet, kamu bisa mengunyah buah cantik ini sebagai cemilan siang atau malam hari. Selain itu, senyawa flavonoid di dalam buat stroberi disebut dapat mengurangi risiko kenaikan berat badan terkait usia. Hal ini disebabkan kemungkinan flavonoid mampu meningkatkan asupan glukosa dalam otot dan menguranginya di jaringan lemak.

2. Baik untuk kesehatan kulit dan tulang.
Seporsi stroberi atau 128 gram mengandung lebih dari 100 persen asupan harian yang direkomendasikan dari vitamin C. vitamin C dapat mendorong kekebalan tubuh, ditambah antioksidannya yang mampu membantu melawan penyakit dan usia karena bersama dengan vitamin C ia mampu membuat kolagen dan menjaga kesehatan kulit dan juga tulang.

3. Cegah diabetes
Ngemil stroberi usai makan telah dibuktikan dapat mengatur gula darah dan kadar insulin. Sehingga membuat energi fisik dan mental lebih kuat dan juga menurunkan risiko terserang diabetes tipe 2, obesitas dan penyakit jantung.

4. Menyehatkan otak
Dalam buah stroberi ada kandungan antioksidan lainnya yang membuatnya terkait dengan kesehatan otak. Sebuah studi mengungkapkan bahwa wanita berusia lanjut yang mengonsumsi setidaknya satu-dua porsi stroberi per minggunya mencegah penuruanan fungsi kognitif.


5. Mendorong kesehatan pencernaan
Stroberi mengandung serat yang cukup banyak untuk menjaga kesehatan pencernaan yang baik dengan mendorong pertumbuhan bakteri usus baik, yang terkait dengan kekebalan tubuh, anti-inflamasi dan mood.

6. Melawan inflamasi
Bagi pengidap osteoarthritis, stroberi disebut dapat mengurangi nyeri dan marker inflasi serta stres oksidasi. Kondisi-kondisi terserbut terjadi antara produksi radikal bebas yang dapat merusak sel dan kemampuan tubuh untuk menghadang efek berbahaya darinya.

7. Dapat mengurangi risiko kanker
Semua buah beri, termasuk stroberi, juga dikaitkan dengan proteksi kanker, yakni mungkin dengan formasi pelawan tumor dan menghentikan pertumbuhannya serta penyebaran sel kanker.

8. Sehat untuk jantung
Stroberi melindungi jantung dengan mengurangi inflamasi, meningkatkan kolesterol baik, melindungi tubuh ari stres oksidasi yang ditimbulkan dalam kolsterol 'jahat' (sebuah prekursor pada pembekuan arteri) dan meningkatkan sirkulasi tubuh.



Simak Video "Respons BPJS Kesehatan yang Disomasi Gara-gara 'Pakai' Joker"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)