Selasa, 09 Jul 2019 16:15 WIB

12 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Alami, Cepat, dan Mudah

Puti Yasmin - detikHealth
12 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Alami, Cepat, dan Mudah/Foto: iStock
Jakarta - Munculnya ketombe pada permukaan kepala tentu dapat mengganggu kenyamanan seseorang. Nah, ada 12 cara menghilangkan ketombe tersebut. Apa saja?

Ketombe sendiri terjadi karena banyaknya jamur pada kulit kepala yang berminyak. Alhasil, sel-sel kulit menjadi mati dan membuat serpihan berwarna putih atau ketombe.


Berikut 12 cara menghilangkan ketombe dari berbagai sumber:

1. Keramas

Keramas secara teratur dapat mencegah munculnya ketombe karena kulit kepala menjadi bersih dari jamur dan minyak. Caranya, cuci rambut setidaknya dua atau tiga kali seminggu menggunakan sampo antiketombe berformula tepat. Salah satu sampo antiketombe yang bisa diandalkan adalah HEAD & SHOULDERS Shampoo Lemon Fresh Anti Dandruff, yang tidak hanya dapat membersihkan, tetapi juga tetap menjaga kelembapan kulit kepala.

12 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Alami, Cepat, dan Mudah

Presented by Head & Shoulders

Kandungan ekstrak sitrus pada HEAD & SHOULDERS Shampoo Lemon Fresh Anti Dandruff pun membuat rambut terasa ringan, bersih, harum, dan lembut. Sehingga rambutmu dapat tergerai bebas dengan aroma bersih dan segar yang tahan lama.

2. Sisir

Setelah keramas, cara lain yang bisa dilakukan, yakni dengan menyisir rambut secara teratur. Sebab, menyisir dapat mengusir ketombe dan sel mati dari kulit kepala.

3. Konsumsi Telur

Mengonsumsi telur juga dapat mengendalikan munculnya ketombe. Sebab, telur mengandung vitamin B dan protein yang bisa memperkuat rambut dan mencegah ketombe.

4. Garam

Campuran garam dan minyak kelapa bisa menghilangkan ketombe pada rambut. Cara menghilangkan ketombe dengan garam bisa dilakukan dengan memijat campuran tersebut dan diamkan beberapa saat.

5. Madu

Mengoleskan madu yang telah dicampur air selama tiga jam dapat membuat ketombe hilang dalam waktu satu minggu.

6. Lidah Buaya

Tidak hanya menyehatkan rambut, lidah buaya juga bisa mencegah munculnya ketombe. Dengan kandungan protein hingga vitamin A, cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya dengan mengoleskannya pada permukaan kepala selama 30 menit.

7. Diet

Diet secara seimbang makanan yang mengandung seng, omega 3, asam lemak, vitamin E, dan B dapat memperkuat kulit kepala serta mencegah ketombe. Batasi juga makanan yang mengandung ragi dan gula karena makanan tersebut dapat memicu ketombe.

8. Conditioner

Penggunaan conditioner yang bagus dapat menghilangkan ketombe yang membandel. Maka dari itu, pastikan mencuci bersih sisa conditioner di rambut.

9. Lemon

Cara menghilangkan ketombe dengan lemon bisa dilakukan dengan mencampurkan minyak mustard. Kemudian oleskan pada kulit kepala, pijit dan biarkan selama satu jam.

10. Tree Tea Oil

Sampo dengan kandungan tree tea oil bisa mengurangi ketombe. Sebab, kandungan minyak esensial merupakan antiseptik alami sebagai obat anti jamur.



11. Daun Sirsak

Beberapa helai daun sirsak bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Caranya dengan menumbuk daun hingga halus, campurkan sedikit air, dan gunakan sebagai masker rambut selama 30 menit.

12. Jeruk Nipis

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis yakni dengan campuran air. Biarkan campuran meresap dan bilas hingga bersih.

Simak Video "2 Hal Penting untuk Bantu Tenaga Medis Tidak Terserang Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)