Selasa, 09 Jul 2019 16:45 WIB

5 Gejala Asam Urat yang Patut Diwaspadai

Virgina Maulita Putri - detikHealth
5 Gejala Asam Urat yang Patut Diwaspadai Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Asam urat merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh orang dewasa. Padahal sesungguhnya penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia.

Asam urat atau biasa disebut gout merupakan bentuk artritis yang disebabkan oleh penumpukan asam urat di aliran darah yang kemudian mengkristal di salah satu sendi. Hal ini yang menjadi penyebab rasa nyeri dan pembengkakan di sendi.



Karena siapa saja bisa terkena asam urat, ada baiknya untuk mewaspadai gejala-gejala asam urat. Apalagi ciri-ciri dan gejala asam urat sering muncul mendadak, ditandai dengan rasa sakit di jempol kaki.

Berikut adalah 5 gejala asam urat yang umum ditemui seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber.

1. Rasa Sakit dan Nyeri di Persendian

Asam urat biasanya mempengaruhi sendi besar yang ada di jempol kaki. Tapi sendi lainnya pun bisa terkena asam urat, seperti pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan jari tangan.

Rasa sakit dan nyeri ini biasanya dirasakan paling parah saat 4 jam hingga 12 jam pertama, kemudian bisa mereda. Tapi, rasa sakit ini bisa saja muncul secara tiba-tiba saat tengah malam.


2. Rasa Tidak Nyaman Berlebih

Setelah rasa sakit paling parah sudah mereda, bagian sendi mungkin masih terasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman ini masih akan muncul beberapa hari hingga beberapa minggu setelah setelah serangan pertama. Serangan asam urat berikutnya pun diperkirakan akan terjadi lebih lama dan mempengaruhi lebih banyak sendi.



3. Peradangan dan Kemerahan

Dalam beberapa kasus, sendi yang terkena asam urat akan memerah serta terasa sakit dan panas apalagi jika dipakai untuk berjalan. Hal ini terjadi karena kristal asam urat yang menetap di sendi dan memicu pembengkakan dan peradangan yang hebat.

4. Sendi Menjadi Kaku

Saat asam urat menjadi semakin parah, sendi akan terasa lebih kaku dan sulit untuk digerakkan. Ketika rasa sakit mulai mereda, biasanya rasa kaku ini masih akan terasa.

5. Muncul Benjolan

Gejala asam urat lainnya yang perlu diwaspadai adalah munculnya benjolan. Jika asam urat sudah menumpuk dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu yang lama, kristal bisa membentuk benjolan di bawah lapisan kulit di bawah sendi. Benjolan ini biasa disebut dengan tophi.

Simak Video "China Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Wabah Bubonic"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)