Selasa, 09 Jul 2019 19:15 WIB

8 Manfaat Gandum yang Tak Semua Orang Tahu

Fithria Pratiwi - detikHealth
8 Manfaat Gandum yang Tak Semua Orang Tahu/Foto: Istock 8 Manfaat Gandum yang Tak Semua Orang Tahu/Foto: Istock
Jakarta - Gandum mengandung banyak manfaat yang tidak semua orang tahu. Mau tahu apa saja manfaatnya?

Gandum adalah tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu dan pakan ternak. Kandungan dalam gandum yakni asam fitat yang dapat mengikat dan mencegah mineral, seperti kalsium, zinc, zat besi, dan magnesium.

Berikut manfaat gandum yang tidak semua orang tahu:



1. Mengandung Banyak Serat

Gandum mengandum banyak serat. Serat membuat kita menjadi kenyang lebih lama.

2. Membantu Pencernaan

Gandum sangat membantu pencernaan. Kandungan serat membuat gerakan usus lebih teratur.

3. Menurunkan Kolesterol

Gandum bisa mencegah tubuh menyerap kolesterol. Dampaknya, tubuh tidak rentan terkena serangan jantung. Bahkan, gandum mencegah risiko penyakit jantung.

4. Cegah Batu Empedu

Gandum kaya akan serat larut, yang menurunkan sekresi asam empedu. Asam empedu yang berlebihan adalah penyebab utama dari pembentukan batu empedu.



5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat gandum lainnya yakni menurunkan tekanan darah. Hal ini penting sebagai syarat orang terkena serangan jantung. Makan gandum utuh bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan level gula darah.

6. Mengontrol Berat Badan

Manfaat gandum untuk diet yakni mengontrol berat badan. Gandum membuat kamu kenyang lebih lama. Kamu bisa makan roti gandum yang manfaatnya yakni meningkatkan kesehatan kulit, rambut, serta teksturnya. Karena roti gandum kaya akan vitamin B dan protein.

7. Atasi Perut Buncit

Dengan makan gandum, kamu dapat mengatasi perut buncit. Alhasil kamu dapat terhindar dari risiko terkena diabetes dan penyakit lainnya.

8. Untuk Kecantikan

Manfaat gandum bisa untuk kecantikan. Manfaat gandum untuk kecantikan yakni dapat menjaga kelembapan kulit karena mengandung banyak protein dan enzim. Selain itu memberikan lapisan pelindung di epidermis dan menjaga keseimbangan PH kulit.

Meski demikian, ada juga efek samping gandum yakni mengandung gluten atau protein utama. Bagi penderita penyakit celiac, gluten dapat membahayakan kesehatan. Sistem kekebalan tubuh mereka akan merespons dengan merusak usus kecil.

Karena itu, pilih produk yang mengandung gandum utuh. Hal ini agar dapat terasa manfaat gandum secara optimal.




Simak Video "Bungee Workout, Olahraga Paduan Tari dan Akrobat"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)