Kamis, 11 Jul 2019 09:50 WIB

Muntah Saat Stroke Seperti Dialami Tio Pakusadewo, Seperti Ini Kaitannya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Aktor Tio Pakusadewo. (Foto: Hanif/detikHOT) Aktor Tio Pakusadewo. (Foto: Hanif/detikHOT)
Jakarta - Aktor Senior Tio Pakusadewo terkena stroke hingga harus dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) pada Selasa (9/7/2019). Dikutip dari detikcom, Tio awalnya berada di rumah dalam kondisi baik namun tiba-tiba muntah dan dinyatakan stroke.

Dikutip dari Healthline, muntah memang menjadi salah satu kondisi yang menandai serangan stroke. Muntah biasanya pusing atau sakit kepala yang tiba-tiba menyerang tanpa diketahui penyebabnya.

Pada orang dengan riwayat migrain, mungkin agak sulit membedakan pusing yang menandai serangan stroke atau yang sudah biasa terjadi. Namun hal ini bisa diantisipasi dengan rutin konsultasi ke dokter, sehingga bisa mengetahui perbedaan pusing yang menjadi gejala stroke atau bukan.

Selain muntah dan pusing, kondisi yang menandai stroke tiba-tiba mengalami penurunan kemampuan melihat dengan 1 atau 2 mata. Pasien biasanya merasa penglihatannya kabur, double vision, atau tidak bisa melihat sama sekali. Gejala lainnya adalah bingung, kehilangan keseimbangan, wajah yang tidak simetris dengan satu sisi cenderung turun, serta kesulitan mengangkat salah satu lengan.



Kondisi Tio mengundang simpati dari para penggemarnya, yang membanjiri Instagram aktor senior itu di @pksdw. Selain penggemar, selebriti juga ikut mendoakan aktor yang pernah meraih predikat terbaik di Festival Film Bandung pada 2013.

"Alfatihah, cepet sembuh mas," tulis akun musisi Melly Goeslaw di @melly_goeslaw. Akun @hendra.teja juga ikut mendoakan kesembuhan peraih Usmar Ismail Awards 2013 tersebut dengan menulis, "GWS, oom Tyo."



Simak Video "Cerita Penulis Vabyo Kena Stroke di Usia 35 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(Rosmha Widiyani/up)