Kamis, 11 Jul 2019 14:45 WIB

Leukosit Tinggi: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Puti Yasmin - detikHealth
Leukosit Tinggi: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan/Foto: Thinkstock Leukosit Tinggi: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan/Foto: Thinkstock
Jakarta - Leukosit tinggi bisa menjadi tanda masalah dalam tubuh seseorang. Nah, apa penyebab hingga cara mengobatinya?

Leukosit pada dasarnya dibutuhkan dalam tubuh. Sebab, Leukosit merupakan sel darah putih yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh dengan melawan virus atau bakteri.



Nah, berikut penyebab, gejala dan cara mengobati leukosit tinggi dirangkum dari berbagai sumber:

1. Penyebab

Leukosit tinggi biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Sebab, produksi leukosit yang meningkat pada dasarnya untuk melawan infeksi dari dalam tubuh.

Selain itu, produksi leukosit yang tinggi juga dipengaruhi gangguan sistem kekebalan tubuh, gangguan sumsum tulang tempat produksi sel darah hingga aktivitas, seperti merokok dan mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa mengganggu produksi sel darah normal.

2. Gejala

Kadar leukosit normal berkisar antara 4.000 hingga 10.000 sel per mm3 darah. Bila lebih dari itu, artinya leukosit dalam tubuh tinggi.

Tingginya leukosit itu biasanya menyebabkan berbagai gejala umum, seperti demam, perdarahan atau memar, merasa lemah dan lelah, pusing hingga pingsan, serta lengan, kaki atau perut yang kesemutan.

Jika seseorang sudah merasakan gejala seperti itu, disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan.

Walaupun begitu, kadar leukosit yang tinggi pada ibu hamil merupakan hal yang normal. Sebab, terjadi peningkatan antara 6.000 hingga 13.000 sel per mm3 darah saat kondisi hamil.

Hal itu terjadi karena ibu hamil biasanya mengalami stres fisik (beban biologis) yang membuat sel darah merespons setiap perubahan yang terjadi dalam tubuh.

Namun, yang perlu dikhawatirkan ibu hamil adalah ketika terjadi infeksi, komplikasi kehamilan hingga kadar leukosit yang melebihi 100.000 sel per mm3 darah.


3. Pengobatan

Cara menurunkan leukosit bisa dilakukan dengan mengetahui penyebab meningkatkan kadar leukosit terlebih dahulu. Misalnya, bila dikarenakan adanya infeksi maka cara menurunkannya dengan mengonsumsi obat antibiotik.

Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)