Kamis, 11 Jul 2019 17:45 WIB

12 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Kamu Harus Tahu!

Niken Widya Yunita - detikHealth
12 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Kamu Harus Tahu!/Foto: Istimewa 12 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Kamu Harus Tahu!/Foto: Istimewa
Jakarta - Tomat merupakan buah yang banyak manfaatnya lho untuk kesehatan. Apa saja manfaat tomat?

Buah tomat lebih sering digunakan untuk campuran membuat sambal, penyedap masakan atau dibuat jus.

Kandungan dalam buah tomat yakni vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, folat, potasium, dan air. Berikut ini manfaat tomat untuk kesehatan yang harus kamu tahu seperti yang dirangkum dari berbagai sumber:



1. Menguatkan Tulang

Manfaat tomat untuk tulang yakni menguatkan tulang. Likopen, kandungan antioksidan dalam buah tomat, diyakini sebagai penyebab tulang bertambah kuat.

2. Untuk Diet

Tomat bermanfaat untuk diet. Hal ini karena tomat mengandung likopen yang memberikan warna merah pada tomat. Jika dikonsumsi dapat memberikan rasa kenyang, serta mengonsumsi tomat akan membantu menurunkan hormon ghrelin dalam tubuh yang memicu nafsu makan. Dengan mengonsumsi tomat dengan rutin untuk diet dapat menurunkan berat badan.

3. Menghaluskan Kulit

Tomat bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Rutin mengonsumsi tomat dapat menghaluskan kulit. Selain itu, tomat dapat dibuat masker dengan dicampur putih telur. Campurkan satu buah tomat yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan putih telur dan air. Oleskan masker pada seluruh wajah. Biarkan mengering lalu bilas wajah dengan air dingin.

4. Mencegah Kanker

Manfaat tomat berikutnya yakni mencegah kanker. Namun tomat tersebut harus sudah direbus. Tomat yang sudah direbus nutrisinya lebih tinggi dibandingkan dengan nutrisi tomat mentah. Merebus tomat akan mengoptimalkan manfaat antikanker. Sebab likopen dan fitonutrisi pada tomat akan bekerja makin optimal setelah dipanaskan.

5. Membuat Mata Lebih Sehat

Manfaat tomat lainnya yakni membuat mata lebih sehat karena adanya kandungan beta karoten. Tomat yang kaya vitamin A meningkatkan produktivitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang dan meningkatkan perkembangan mata.

6. Mengatasi Bisul

Tomat dapat mengobati bisul. Jarang orang yang tahu akan hal ini. Cara mengobatinya yakni panaskan biji tomat dan dagingnya. Kemudian letakkan di atas bisul selama beberapa saat.

7. Mengatasi Jerawat

Tomat juga bermanfaat untuk mengatasi wajah berjerawat. Caranya, potong tomat menjadi beberapa bagian, kemudian gosokan pada jerawat. Lakukan setiap hari selama 1 bulan.

8. Mengatasi Penyakit Jantung

Antioksidan likopen yang terkandung dalam tomat dipercaya dapat mengatasi penyakit jantung. Kandungan kalium dan likopen di dalam tomat efektif menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan membantu menjaga kestabilan irama jantung.

9. Mengobati Keseleo

Manfaat tomat satu ini jarang orang tahu yakni sebagai ramuan yang dapat menyembuhkan keseleo. Caranya, hancurkan tomat bersama wijen dengan menggunakan blender. Kemudian dipanaskan sampai berminyak. Lalu minyak tersebut digunakan untuk memijat atau mengurut sendi yang keseleo.

10. Mencegah Kulit Kering

Tomat mencegah kulit kering. Sebab tomat sangat baik untuk mengatasi masalah pada kulit. Kekeringan pada kulit wajah akan menyebabkan flek-flek. Hilangkan flek-flek dengan tomat.

11. Mengusir Ketombe

Tomat bermanfaat untuk mengusir ketombe. Ketombe disebabkan karena produksi minyak atau keringat pada kulit kepala. Oles ramuan tomat dengan jus lemon pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air.

12. Mencegah Sembelit

Manfaat tomat berikutnya yakni membantu mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar. Sebab tomat mengandung air dan serat tinggi.

Masih nggak mau makan tomat?




Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/lus)