Kamis, 11 Jul 2019 20:10 WIB

Masih Ada Peluang Hamil Meski Pakai Kontrasepsi, Dokter Sarankan Rajin Kontrol

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi hamil. Foto: iStock Ilustrasi hamil. Foto: iStock
Jakarta - Alat kontrasepsi segala jenis bertujuan mencegah dan merencanakan kehamilan. Namun, peluang hamil masih ada meski menggunakan kontrasepsi.

"Tiap kontrasepsi pasti masih menyisakan peluang 2-5 persen. Seperti pilek, tidak mungkin mencegah hamil hingga 100 persen. Jika ingin 100 persen tidak hamil bisa dengan sterilisasi," kata dokter ahli kandungan dr Irvan Adenin, SpOG pada Kamis (11/7/2019).


Untuk menjamin efektivitas kontrasepsi, dr Irvan menyarankan konsultasi pada dokter atau bidan sebelum pemasangan alat. Pilihan kontrasepsi sebaiknya sesuai kebutuhan dan keinginan pasangan suami istri.

Selain konsultasi, dr Irvan juga menyarankan kontrol 6 bulan sekali ke dokter atau bidan. Kontrol memastikan alat kontrasepsi bekerja efektif, misal menjamin spiral atau Intra Uterine Device (IUD) tidak nyelip atau pindah posisi.

Saran lain adalah kontrol teratur untuk menjaga kesehatan ibu. Kontrol memastikan ibu selalu sehat, bisa merencanakan kehamilan, dan siap mengandung jika akhirnya diberi keturunan.



Simak Video "Hmm.. Pil KB Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
News Feed