Jumat, 12 Jul 2019 07:30 WIB

Tumbuh Jerawat di Ketiak, Kenali Berbagai Kemungkinan Penyebabnya

Kintan Nabila - detikHealth
Ilustrasi ketiak. (Foto: iStock) Ilustrasi ketiak. (Foto: iStock)
Jakarta - Biasanya jerawat tumbuh di area sekitar wajah. Namun, dalam beberapa kasus beberapa orang mengeluhkan munculnya bintil kecil di ketiak seperti jerawat. Apakah mungkin jerawat bisa tumbuh di ketiak?

dr Melyawati Hermawan, SpKK dari PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) JAYA mengatakan bahwa jerawat tidak tumbuh di ketiak. Hal ini kembungkinan terjadi infeksi pada folikel rambut.

"Ketiak itu bukan area tempat tumbuhnya jerawat, mungkin lebih ke infeksi pada folikel rambutnya," katanya kepada detikHealth, Kamis (11/7/2019).


Ia juga menambahkan bahwa jerawat pada ketiak bukan jerawat yang sesungguhnya, melainkan bentol dan bisul kecil karena terlalu banyak intervensi yang kita berikan pada kulit ketiak seperti waxing dan shaving yang berlebihan.

Dikutip dari Healthline, jerawat pada ketiak dinamakan hidradenitis suppurativa. Gejala dan tandanya mirip dengan jerawat, maka tak heran jika sering disalahartikan. Ciri-cirinya tumbuh benjolan berwarna merah yang terasa nyeri, berisi nanah, dan bisa berbekas.

Jerawat pada ketiak memang tidak biasa namun tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya. Jerawat pada ketiak terbentuk dari penumpukan bakteri di pori-pori atau kelenjar keringat yang tersumbat.





Simak Video "Malu Punya Kulit Kering? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)