Sabtu, 13 Jul 2019 07:30 WIB

Antraks Jadi Penyakit Hewan yang Paling Dikhawatirkan Jelang Idul Adha

Kintan Nabila - detikHealth
Menjelang Idul Adha, pemerintah waspadai antraks. (Foto ilustrasi: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance) Menjelang Idul Adha, pemerintah waspadai antraks. (Foto ilustrasi: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance)
Jakarta - Penyakit sapi gila atau antraks adalah penyakit menular dan mematikan yang disebabkan oleh bakteri pada ternak. Hewan yang paling mungkin terkena penyakit antraks adalah sapi, kerbau, kambing dan domba yang pada dasarnya merupakan hewan kurban ketika perayaan Idul Adha.

Penyakit antraks bersifat zoonosis yang berarti dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Infeksi kemungkinan bisa terjadi saat melakukan kontak dengan hewan maupun benda dan lingkungan yang sudah tercemar bakteri antraks.

Gejala yang terjadi pada seseorang yang terinfeksi antraks yaitu berawal dari flu ringan, sesak nafas hingga pembesaran kelenjar getah bening. Hal ini membuat masyarakat khawatir ketika akan mengkonsumsi daging hewan kurban.


Direktur Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, Drh Fadjar Sumping Tjatur Rasa, mengatakan bahwa antraks menjadi penyakit yang paling dikhawatirkan terjadi pada hewan kurban. Karenanya pemerintah akan melakukan pemeriksaan ketat terkait kesehatan ternak.

"Setiap tahun penyakit antraks yang paling dikhawatirkan. Jadi ada beberapa daerah nanti yang memang harus dilakukan pemeriksaan lebih ketat. Tapi secara umum memang semua hewan kurban harus diperiksa kesehatannya kemudian ada surat keterangan kesehatan dari dokter hewan," katanya di Jakarta, dan ditulis pada Sabtu (13/7/2019).

Upaya yang dilakukan kementerian pertanian jelang hari raya adalah dengan membentuk tim persiapan Idul Adha setiap tahunnya. Kemudian mengeluarkan surat peringatan kepada dinas-dinas di daerah untuk menyiapkan bagaimana prosedur pemeriksaan hewan kurban yang baik, sehingga bisa dijamin untuk pemenuhan kebutuhan di hari raya.



Simak Video "Jelang Idul Adha, Hati-hati Bahaya Kolesterol Mengincar!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)
News Feed