Sabtu, 13 Jul 2019 08:15 WIB

Sempat Alami Baby Blues, Raisa: Bukan Sesuatu yang Tabu

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Raisa mengaku sempat mengalami baby blues. (Foto: Rachman Haryanto) Raisa mengaku sempat mengalami baby blues. (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Transisi menjadi ibu baru bisa menjadi momen yang sangat mengejutkan dan berat bagi beberapa ibu. Raisa Andriana pun mengalaminya, yang diakui ia rasakan selama beberapa minggu.

Kondisi tersebut biasa dikenal sebagai baby blues. Jarangnya hal ini dibicarakan, membuat Raisa menegaskan bahwa kondisi ini bukan sesuatu yang tabu.

"Karena semua orang akan ada (mengalaminya) cuma bedanya parah atau enggak, sebentar atau lama. Aku sempat sebentar, ya berapa minggu sih, aku merasa kayak baby blues, terus kayak tiba-tiba nangis tanpa alasan," tuturnya saat ditemui detikHealth dan ditulis Sabtu (13/7/2019).

Situs Mayo Clinic menyebutkan bahwa baby blues ditandai dengan perubahan mood, menangis mendadak, kecemasan dan sulit tidur. Baby blues biasanya mulai muncul pada dua hingga tiga hari pertama setelah melahirkan, dan bisa bertahan hingga dua minggu.


Postpartum depression atau depresi pascamelahirkan merupakan kondisi baby blues jangka panjang, lebih dari dua minggu. Sering dianggap mengganggu, kelainan, atau kelemahan, ibu baru yang berada dalam kondisi ini rentan terganggu mentalnya hingga ingin mengakhiri hidup.

"And the worst thing you can say adalah 'lho harusnya kan lo happy' itu adalah hal yang sangat tidak boleh diucapkan sih. Itu kan kita, gimana ya, kita hormon crash, terus tiba-tiba kita sibuk banget, tiba-tiba kita nggak punya waktu untuk diri sendiri, badan juga go through recovery, darah juga semua masih keluar, ada jahitan, ada lecet, apa segala macem," imbuh Raisa lagi.

Kuat dan banyak dukungan terutama dari sang suami, Hamish Daud, membuat Raisa berhasil melewati keterpurukan itu semua. Ia menyebut merasa lebih kuat baik sebagai seorang ibu maupun wanita saat mampu melewatinya.

"Pasti (kelimpungan) sih, dalam satu hari semua tiba-tiba berubah 180 derajat, hanya dalam satu hari. Kalau misalnya PMS kan kita bisa tidur, bisa nyalon, bisa apa. Hahaha.. Kalau baru ngelahirin, wow, tidur tidak bisa, apa tidak bisa, semuanya," tandasnya.



Simak Video "Tips Hilangkan Stres Berkendara Saat Macet "
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)