Sabtu, 13 Jul 2019 09:15 WIB

Anak dari Ibu dengan Obesitas Berisiko Kanker

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kesehatan ibu berdampak langsung pada kesehatan anak dalam kandungan. (Foto: iStock) Kesehatan ibu berdampak langsung pada kesehatan anak dalam kandungan. (Foto: iStock)
Jakarta - Anak yang lahir dari ibu dengan obesitas bisa mengalami lebih dari 57 persen peningkatan risiko kanker. Hal ini terungkap dalam riset yang dilakukan terhadap 2 juta kelahiran dan 3 ribu kasus kanker di Pennsylvania.

Dikutip dari Daily Mail, periset yakin risiko kanker diakibatkan gangguan kadar insulin pada ibu dengan obesitas. Level insulin menyebabkan perubahan sel yang berujung pada timbulnya kanker pada anak dalam beberapa tahun mendatang.

"Saat ini kita tidak tahu faktor risiko kanker pada usia anak yang bisa dihindari. Saya berharap dengan riset ini, bisa meningkatkan pengetahuan dan kesadaran ibu untuk hidup lebih sehat sebelum serta saat hamil," kata pimpinan riset Shaina Stacy yang juga ahli epidemiologi di University of Pittsburgh.


Dalam riset tersebut, kaitan antara gangguan insulin pada ibu hamil dengan risiko kanker pada anak sangat kuat. Hasil riset seharusnya menguatkan niat ibu tidak mengonsumsi makanan siap saji yang bisa mengacaukan kadar insulin dalam tubuh.

Risiko kanker pada anak meningkat seiring bertambahnya indeks massa tubuh atau body mass index (BMI) pada ibu hamil. Stacy mengatakan, riset tak bertujuan menimbulkan rasa malu pada ibu hamil yang gendut atau kerap mengonsumsi makanan siap saji. Stacey berharap ibu hamil bisa mempertimbangkan risiko makan asupan tersebut sebelum benar-benar mengonsumsinya.



Simak Video "Apa Benar Konsumsi Ikan Berlebihan Bisa Memicu Kanker?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)
News Feed