Sabtu, 13 Jul 2019 15:15 WIB

Edukasi Bahaya Narkoba, KUA Jatim Syaratkan Calon Pengantin Tes Urine

Firdaus Anwar - detikHealth
Calon pengantin di Jatim wajib jalani tes urine untuk narkoba. Foto: iStock Calon pengantin di Jatim wajib jalani tes urine untuk narkoba. Foto: iStock
Jakarta - Menurut laporan CNN Indonesia mulai Agustus 2019 mendatang para calon pengantin di Jawa Timur (Jatim) wajib menjalani tes urine. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kanwil Kemenag Jatim Moch Amin Mahfud mengatakan tes ini dilakukan untuk mengantisipasi penggunaan narkoba di kalangan remaja, termasuk calon pengantin.

Program ini merupakan kerja sama Kanwil Kemenag Jatim dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim. Namun demikian Mahfud menyebut hasil tes urine tak akan menghalangi proses pernikahan calon pasangan pengantin, termasuk jika salah satu atau kedua pengantin ternyata menggunakan narkotika.

"Tetapi itu tidak menghalangi proses pernikahan, kami akan lakukan pembinaan dari BNN, tetep jalan," ucapnya seperti dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (13/7/2019).


Menanggapi hal tersebut peneliti dari Institute of Mental Health Addiction and Neurosience (IMAN) dr Hari Nugroho menyebut kalau pemeriksaan urine bisa dianggap sebagai bagian dari tes kesehatan pranikah. Tak kalah penting, perlu juga diadakan edukasi bagaimana berumah tangga bisa bahagia tanpa narkoba.

"Edukasi ini dapat disisipkan dalam bimbingan pranikah yang sering diselenggarakan oleh KUA. Sementara tes urinenya bisa jadi bagian dari pemeriksaan kesehatan pranikah seperti vaksinasi, periksa HIV, dan penyakit menular seksual yang dilakukan di DKI Jakarta," kata dr Hari pada detikHealth.



Simak Video "Bahagia Setelah Menikah Bikin Gendut?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/frp)
News Feed