Sabtu, 13 Jul 2019 22:32 WIB

Puput 'Ahok' Sedang Hamil atau Memang Gemukan, Bisakah Dibedakan?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok dan istri, Puput Nastiti Devi mendapat gelar dari masyarakat Dayak di Kaltim. Penampilan Puput disebut-sebut tampak makin berisi. (Suriyatman-detikcom) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok dan istri, Puput Nastiti Devi mendapat gelar dari masyarakat Dayak di Kaltim. Penampilan Puput disebut-sebut tampak makin 'berisi'. (Suriyatman-detikcom)
Jakarta - Netizen heboh dengan penampakan Puput Nastiti Devi saat mendampingi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Kalimantan Timur. Dalam foto yang beredar, tubuh Puput disebut-sebut tampak lebih berisi. Hamil atau memang lebih gemuk?

Bagi sebagian orang, penampilan yang tampak lebih berisi adalah hal yang sensitif untuk dikomentari. Kalau ternyata tidak sedang hamil, maka komentar tersebut bisa dianggap sindiran terhadap tanda-tanda kegemukan.



Situasi ini juga bisa jadi masalah ketika berada di angkutan umum yang menyediakan kursi prioritas bagi ibu hamil. Bagaimana cara memastikan apakah yang ditawari tempat duduk memang sedang hamil, atau memang mengalami masalah berat badan?

Walaupun bisa saja ditanyakan langsung, tentunya dengan cara yang sopan agar tidak ada yang tersinggung, sebenarnya ada beberapa tanda yang bisa dikenali dari ibu hamil. Dirangkum oleh detikHealth, berikut di antaranya.



1. Terengah-engah
Pada ibu hamil, pertumbuhan janin di dalam rongga perut akan menekan organ-organ dalam. Ditambah dengan peningkatan badan dalam waktu cepat, paru-paru dan jantung akan mendapat beban ekstra. Bisa dikenali antara lain dari napas yang cepat terengah-engah.

2. Garuk-garuk punggung dan perut
Perubahan hormon yang terjadi selama hamil menyebabkan ibu hamil gampang mengalami gatal-gatal di seluruh tubuh. Khusus di perut, beberapa ibu mengeluhkan gatal pada kulit yang merenggang saat kandungannya mulai membesar. Biasanya terjadi para trimester kedua.



3. Alas kaki yang flat
Rasanya mustahil ibu hamil akan merasa nyaman menggunakan high heel. Alas kaki yang datar dan longgar lebih umum digunakan saat hamil karena kaki mudah sekali bengkak ketika berdiri terlalu lama. Kalau bukan sepatu yang flat, sandal juga bisa jadi pilihan.

4. Cara berjalan
Selain sering berjalan sambil memegangi perut, seorang ibu yang tengah berbadan dua umumnya juga memiliki cara jalan yang khas. Tak lain karena ingin menghindari guncangan pada perut. Berjalan perlahan dan terkadang goyang kiri-kanan, termasuk di antaranya.



Simak Video "Proyek 'Dum-Duum', Langkah Polewali Mandar Cegah Kematian Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)