Selasa, 16 Jul 2019 11:45 WIB

Seputar Cholinergic Urticaria, Penyakit yang Diderita V BTS

Puti Yasmin - detikHealth
Seputar Cholinergic Urticaria, Penyakit yang Diderita V BTS/Foto: Istimewa Seputar Cholinergic Urticaria, Penyakit yang Diderita V BTS/Foto: Istimewa
Jakarta - Anggota boyband Korea, V BTS mengaku mengalami gangguan kesehatan cholinergic urticaria atau urtikaria kolinergik. Lantas, apa itu cholinergic urticaria?

Penyakit itu diketahui para fans, saat V BTS sedang menggunakan aplikasi Weverse. Kala itu, V BTS mengatakan bahwa ia sedang mengalami alergi yang membuat badannya gatal.


Nah, berikut fakta-fakta cholinergic urticaria yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Penyebab

Cholinergic urticaria adalah peyakit yang menyebabkan seseorang mengalami gatal-gatal saat berkeringat. Biasanya, penyakit ini juga dikenal dengan nama biduran.

Gatal-gatal akibat cholinergic urticaria biasanya terjadi saat seseorang berolahraga, gelisah maupun kepanasan. Ini terjadi karena aktivitas serabut saraf di kelenjar keringat.

2. Gejala

Gejala yang biasa terjadi akibat cholinergic urticaria biasanya adalah bentol-bentol pada kulit, kemerahan di area bentol, dan rasa gatal. Selain itu, gejala lain yang bisa muncul biasanya nyeri perut, mual-muntah, diare, hipersalivasi atau produksi air liur berlebih.

Cholinergic urticaria bisa terjadi pada siapa pun. Hanya saja, cholinergic urticaria lebih sering terjadi pada laki-laki usia 16 hingga 30 tahun.



3. Cara Mengobati

Pada dasarnya, cholinergic urticaria bisa sembuh dengan sendirinya setelah beberapa jam. Namun, pada kasus yang parah cholinergic urticaria bisa memicu sesak napas sehingga perlu pertolongan segera.

Alhasil, cholinergic urticaria obatnya pun tergantung pada seberapa parah reaksi alergi yang muncul. Jika tak terlalu serius, cholinergic urticaria bisa diatasi dengan treatment atau perawatan mengubah pola dan gaya hidup.

Selain itu, penderita cholinergic urticaria juga bisa menghindari olahraga atau aktivitas fisik yang memicu panas dalam tubuh sehingga menimbulkan gejala.

Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)