Selasa, 16 Jul 2019 12:25 WIB

Dindin OM PSP Meninggal, Ini yang Bikin Serangan Jantung Sulit Terdeteksi

Rosmha Widiyani - detikHealth
Dindin OM PSP yang meninggal karena serangan jantung. Foto: Instagram OM PSP Dindin OM PSP yang meninggal karena serangan jantung. Foto: Instagram OM PSP
Jakarta - Dindin, salah satu personel Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks (OM PSP), meninggal dunia. Ia mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta.

Informasi itu disampaikan OM PSP di akun media sosial mereka. Dindin PSP atau Nidz tutup usia pada Senin (15/7/2019) akibat serangan jantung. Dikutip dari detikcom, jenazah akan dimakamkan hari ini Selasa (16/7/2019) di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.


Dalam wawancara dengan detikHealth beberapa waktu lalu, dokter ahli kardiologi dari RS Jantung Diagram Prof Dr Harry Suryapranata mengatakan sulitnya mendeteksi serangan jantung. Tandanya kerap sama dengan kondisi lain misal sakit maag.

"Itu lah susahnya, kadang-kadang di daerah lambung menjalar ke atas atau di punggung. Sakit dada, keringat dingin, mual contohnya. Ke rumah sakit lah!" ujar Prof Harry yang mendapat penghargaan Knight in the Order of the Netherlands Lion dari Kerajaan Belanda.

Menurut Prof Harry, seorang dokter juga akan sulit mendeteksi serangan jantung tanpa pemeriksaan tambahan misal Elektrokadiogram (EKG). Karena itu, Prof Harry mengingatkan masyarakat yang punya risiko serangan jantung melakukan kontrol teratur ke dokter. Hal ini untuk mengantisipasi risiko yang tidak diinginkan.



Simak Video "Cara Murah dan Mudah Hindari Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)