Selasa, 16 Jul 2019 13:29 WIB

Tanda Khas Serangan Jantung, Penyakit yang Diidap Dindin OM PSP

Rosmha Widiyani - detikHealth
Personel lengkap OM PSP. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Personel lengkap OM PSP. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Salah satu persone Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks (OM PSP), Dindin Syarifudin atau Nidz, berpulang pada Senin (15/7/2017). Dikutip dari detikcom, Dindin meninggal setelah mengalami serangan jantung.

Serangan jantung memang sulit dideteksi, namun ada tanda khas yang bisa dikenali pada pasien. Bila tanda ini muncul, pasien sebaiknya segera dilarikan ke rumah sakit untuk segera mendapat pertolongan.

"Tanda yang khas ini misal rasa sakit di dada seperti diremas, ditimpa, atau ditekan. Rasa sakit ini kadang menjalar hingga lengan kiri sehingga muncul sensasi kebas, punggung dan rahang terasa kaku, dan keringat yang sampai membasahi tubuh pasien. Namun tidak semua serangan jantung merasakan tanda khas ini," kata dokter ahli jantung dr Vito A Damay, SpJP (K), MKes, FIHA, FICA.


Menurut dr Vito, tanda lain yang kerap dirasakan pasien seranan jantung adalah sesak napas dan sakit pada ulu hati. Tentunya tidak semua sakit dada mengindikasikan serangan jantung.

Sakit dada pada serangan jantung punya sifat yang khas. Sensasi ini masih dirasakan meski pasien merubah posisi atau gerakannya. Sensasi sakit yang hilang dengan merubah kedudukan, mungkin diakibatkan masalah pada otot bukan serangan jantung.

Terlepas dari penyebabnya, dr Vito menyarankan mereka yang mengalami tanda tersebut segera ke dokter. Pemeriksaan tambahan, misal Elektrokardiogram (EKG) dan penanganan secepatnya bisa mengantisipasi risiko paling buruk pada pasien.



Simak Video "Cara Murah dan Mudah Hindari Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)