Rabu, 17 Jul 2019 16:04 WIB

Usai Potong Lambung Seperti Aria, Bisakah Kembali Gemuk Lagi?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Aria berhasil turunkan bobotnya secara drastis, bisakah dia kembali gemuk? Foto: Mochamad Solehudin Aria berhasil turunkan bobotnya secara drastis, bisakah dia kembali gemuk? Foto: Mochamad Solehudin
Jakarta - Aria Permana (13) berhasil menurunkan bobotnya dari 192 kg hingga 87 kg sejak 2017 melalui operasi potong lambung atau bariatrik metode gastric bypass. Metode ini memangkas lambung hingga menjadi sepertiganya saja dan memang ditujukan bagi pasien obesitas ekstrem seperti Aria.

Dampaknya tentu saja, asupan makan Aria akan semakin mengecil. Beberapa waktu lalu, Aria menyebut setelah operasi ia hanya bisa makan sekitar lima sendok saja. Walhasil kini beratnya turun drastis, namun apakah Aria bisa berisiko kembali gemuk?

Pernah menangani Aria pada awal-awal pemeriksaannya, ahli gizi klinis dr Diana F Suganda, MKes, SpGK menjelaskan kepada detikHealth bahwa meski sudah menjalani operasi potong lambung, Aria bisa berisiko kembali gemuk.


"Bisa kembali gemuk. Misalnya volume lambung 300 kalori, dipotong sepertiga jadi cuma 100 (kalori). Kalau dia makan tiga kali, cuma 300, tapi kalau dia makannya enam kali kan 600. Kalau dia makan terus-terusan jadi sama aja. Tetep aja (kembali gemuk). Sebaiknya jangan sampai begitu lagi," tuturnya baru-baru ini.

Oleh karena itu, Aria yang masih dalam masa pertumbuhan ini juga akan terus diawasi asupan nutrisinya. dr Diana menyebut nutrisi yang baik harus sangat diusahakan, tidak boleh asal-asalan seperti sebelumnya.

Aria yang ditangani oleh tim ahli juga akan membantu dilihat apa yang dibutuhkan olehnya. Misalnya, dr Diana menyebutkan jika Aria masih membutuhkan banyak protein, maka akan direkomendasikan memperbanyak protein. Atau jika masih kurang tinggi badan, maka perlu perbanyak kalsium. Tentu hal ini butuh kerjasama dengan orang tua Aria di rumah.

"Jadi walaupun dikurangin (porsinya), tapi tetep sesuai kebutuhan dia. Sekarang ya meneruskan pola hidup sehat yang kini sudah dijalani, dengan asupan nutrisi yang cukup dan aktivitas," tandasnya.



Usai Potong Lambung Seperti Aria, Bisakah Kembali Gemuk Lagi?


Simak Video "Sebelum Dioperasi, Aria Permana Diperiksa di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)
News Feed