Kamis, 18 Jul 2019 13:32 WIB

Warga Virginia Barat Pakai Semprotan Serangga Gantikan Sabu

Firdaus Anwar - detikHealth
Beberapa orang dilaporkan menggunakan racun serangga untuk mabuk. (Foto: Thinkstock) Beberapa orang dilaporkan menggunakan racun serangga untuk mabuk. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Ada-ada saja cara yang dilakukan orang-orang untuk bisa nge-fly. Di Virginia Barat, Amerika Serikat, dilaporkan beberapa orang dirawat di rumah sakit karena tren menggunakan semprotan serangga sebagai pengganti sabu atau metamfetamin.

Dalam seminggu terakhir polisi melaporkan setidaknya ada tiga orang overdosis karena mabuk semprotan serangga. Tren ini disebut "wasping" karena orang-orang menyalahgunakan insektisida pembasmi wasp (tawon).


Menurut laporan ABC News tahun lalu, biasanya sabu dicambur dengan semprotan serangga atau murni digunakan sebagai pengganti.

"Jadi mereka membuat sendiri metamfetamin sintetik dengan memakai semprotan tawon," kata Charles Sutphin dari West Virginia State Police seperti dikutip dari Live Science, Kamis (18/7/2019).

ABC News menyebut senyawa aktif pembunuh serangga bernama pyrethroids dalam semprotan bila dipaparkan pada seseorang bisa menyebabkan gangguan sinyal saraf. Dampaknya bisa ada efek sensasi abnormal yang dirasakan.

Namun demikian zat yang sama bisa juga menyebabkan masalah serius seperti peningkatan detak jantung, kesulitan bernapas, bengkak, hingga sensasi terbakar.



Simak Video "Pembalut Kok Buat Mabuk?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)