Jumat, 19 Jul 2019 16:17 WIB

5 Tanda Kamu Mungkin Punya Disleksia Seperti Deddy Corbuzier

Firdaus Anwar - detikHealth
Apa saja tanda-tanda disleksia seperti dialami Deddy Corbuzier? Foto: Noel/detikHOT Apa saja tanda-tanda disleksia seperti dialami Deddy Corbuzier? Foto: Noel/detikHOT
Jakarta - Deddy Corbuzier yang baru-baru ini menjadi mualaf sedang belajar iqra agar bisa membaca Alquran. Dalam video di kanal Youtube-nya Deddy tampak belajar iqra bersama Gus Miftah.

"Ini jadi masalah ya saya itu usia 43 tahun dengan disleksia. Disleksia itu belajar baca aja waktu kecil setengah mati. Jadi ini suatu perjuangan tapi menarik dilakukan," kata Deddy Corbuzier.

Disleksia sendiri dijelaskan oleh dr Kristiantini Dewi, SpA yang akrab disapa dr Tian dari Asosiasi Disleksia Indonesia (ADI) sebagai gangguan pada kemampuan bahasa akibat ada perbedaan proses berpikir di otak. Pada anak hal ini bisa berpengaruh memperlambat kemampuan belajar.

Bagaimana mengetahui seseorang punya disleksia di usia dewasa? Berikut beberapa tandanya:



1. Perubahan desain bikin huruf sulit dibaca

Beberapa orang dengan disleksia mungkin sudah terbiasa dengan desain huruf tertentu. Perubahan sedikit saja pada bentuk, warna, atau karakteristik tertentu pada huruf dapat membuat seorang penyandang disleksia jadi kesulitan membaca.

2. Susah fokus

Orang dewasa dengan disleksia mungkin akan merasa kalau dirinya kesulitan untuk fokus setiap membaca. Beberapa mendeskripsikan seperti hurufnya bergeser atau bergerak-gerak dalam barisan.

3. Tertukar kata

Satu lagi yang jadi tanda khas orang dengan disleksia adalah bisa sering tertukar kata-kata yang memiliki pengucapan, penulisan, atau arti yang hampir serupa.

Pada anak dr Tian memberi contoh "misalnya anak ngomong 'Ibu guru yang ngajar aku itu panjang loh,' sementara mungkin maksud anak ini gurunya tinggi".

4. Susah bikin laporan

Karena kemampuan bahasa yang terganggu orang dewasa dengan disleksia mungkin akan mengalami kesulitannya sendiri saat harus membuat laporan. Karyawan kantor dengan performa kerja yang bagus contohnya mungkin akan menghindar saat harus mengerjakan tes atau laporan.

5. 'Buta arah'

Orang dengan disleksia bisa juga kesulitan untuk memahami rute atau arah di petunjuk jalan. Dampaknya seolah-olah ia jadi seperti buta arah, mudah tersesat.



Simak Video "Mengenal Pica, Gangguan Makan Aneh"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
News Feed