Jumat, 19 Jul 2019 17:30 WIB

Telapak Tangan Sering Berkeringat, Gejala Paru-paru Basah?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Telapak tangan basah tidak memiliki keterkaitan dengan penyakit paru-paru basah. Foto: Thinkstock Telapak tangan basah tidak memiliki keterkaitan dengan penyakit paru-paru basah. Foto: Thinkstock
Jakarta - Sebagian orang percaya ketika tangan mereka sering basah atau berkeringat hal tersebut menjadi gejala mengidap penyakit paru-paru basah. Padahal telapak tangan basah tidak memiliki keterkaitan dengan penyakit paru-paru basah.

"Jadi istilah paru-paru basah sebenarnya salah kaprah. Jadi sebenarnya itu adalah efusi pleura atau cairan yang ada di rongga paru dan sebabnya bisa berbagai hal," tutur spesialis paru konsultan dari RS Persahabatan, dr Sita Andarini, SpP(K), Kamis (18/7/2019).

Meski bukan gejala efusi pleura atau paru-paru basah, tangan yang kerap berkeringat menunjukkan hipermetabolisme dan kerap kali dialami pada pasien dengan hipertiroid.



"Jadi harus melakukan pemeriksaan tiroid kemudian kalau juga mengalami keringat malam selama lebih dari dua minggu atau batuk berdahak, kita musti curiga apakah ini ada infeksi paru atau tuberkulosis," tambahnya.

Dikutip dari Medical News Today, tangan yang sering berkeringat bisa juga menjadi gejala hiperhidrosis atau kondisi yang menyebabkan seluruh tubuh, bukan hanya telapak tangan, berkeringat secara berlebihan.

Meski tidak menimbulkan bahaya atau efek samping tertentu, kondisi ini dapat mengganggu aktivitas normal dan berdampak pada kehidupan sosial atau kegiatan sehari-hari.



Simak Video "Waspada! Ini Mitos Paru-paru Basah"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
News Feed