Sabtu, 20 Jul 2019 17:08 WIB

Selain Sabu Nunung juga Positif Benzodiazepin, Zat Apakah Itu?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Komedian Nunung yang positif konsumsi sabu dan benzodiazepine. Foto: screenshoot video Komedian Nunung yang positif konsumsi sabu dan benzodiazepine. Foto: screenshoot video
Jakarta - Nunung menambah panjang artis dan komedian Indonesia yang ditangkap karena narkoba jenis sabu. Dalam bukti pemeriksaan urine, Nunung juga positif mengonsumsi benzodiazepine.

Dalam foto yang beredar, Nunung memegang kertas berisi hasil pemeriksaan urine. Di antaranya menyatakan positif ditemukan kandungan amphetamin, methaphetamin, dan benzodiazepine.
Menurut Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) dr Shilvya Febrina Irawan MSi, konsumsi benzodiazepine memberi efek tenang. Zat ini memberi efek berlawanan dengan sabu yang mengandung metamphetamine dan amphetamine.

"Sabu ini memberi efek stimulan, jadi penggunanya seperti tidak pernah lelah. Mereka on terus meski telah bekerja selama beberapa jam. Nah efek stimulan ini mengakibatkan pengguna tidak bisa tidur, sehingga harus mengonsumsi benzodiazepine supaya bisa istirahat," kata dr Shilvya.

Konsumsi sabu bersamaan dengan zat lain sebetulnya bukan hal baru. Menurut dr Shilvya, dalam beberapa kasus ada yang menggunakan sabu bersama ganja. Hal ini bergantung pada efek yang ingin dirasakan pengguna dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam beberapa kasus, pengguna sabu ada yang tetap bisa tidur meski sebagian lain harus mengonsumsi benzodiazepine. Sama seperti sabu, konsumsi benzodiazepine bisa menimbulkan ketergantungan bila tanpa resep dokter. Penggunaan benzodiazepine harus hati-hati supaya tidak berdampak buruk pada pasien insomnia atau gangguan kecemasan.


Simak Video "Flakka, Narkoba yang Bikin Penggunanya Jadi 'Zombie'"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
News Feed