Sabtu, 20 Jul 2019 21:05 WIB

Nunung Jadi Tersangka Sabu, BNN: Dampak Narkoba Cuma Sementara

Rosmha Widiyani - detikHealth
Komedian Nunung jadi tersangka kasus sabu. Foto: Nunung (Hanif/detikhot) Komedian Nunung jadi tersangka kasus sabu. Foto: Nunung (Hanif/detikhot)
Jakarta - Komedian dan artis Nunung ditetapkan sebagai tersangka kasus sabu. Nunung saat ini masih menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

"Sudah," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menegaskan status tersangka Nunung saat dimintai konfirmasi, Sabtu (20/7/2019).


Nunung yang bernama asli Tri Retno Prayudati bukan anggota Srimulat pertama yang terjerat narkoba. Sebelumnya publik telah melihat Polo, Doyok, Gogon, Tessy, dan artis lain menjadi korban sabu atau narkoba lain.

Menurut Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) dr Shilvya Febrina Irawan, MSi, mereka yang menjadi korban narkoba mendapat salah informasi terkait barang haram tersebut. Narkoba diharapkan bisa membantu mereka selalu komedian tampil lucu dan menghibur di tiap kesempatan.

"Dengan tuntutan yang seperti itu, korban narkoba mendapat info terkait dampak sabu atau zat lain. Mereka yang menggunakan bilang merasakan dampak baik, sehingga menarik korban lain untuk ikut mengonsumsinya. Padahal info ini salah, karena dampak sabu hanya sementara sebelum berdampak buruk pada penggunanya," kata dr Shilvya.

Sabu sebagai narkoba golongan 1 berisiko paling besar mengakibatkan ketergantungan. Namun efek adiksi berbeda pada tiap pengguna. Menurut dr Shilvya, dalam beberapa kasus ada yang langsung ketergantungan meski baru 1 kali pakai. Namun ada juga yang mampu melepaskan diri meski sudah menggunakan sabu 3-4 kali.

Terlepas dari efek adiksi yang berbeda pada tiap orang, konsumsi sabu terus menerus menimbulkan ketergantungan. Menurut dr Shilvya, dampak ketergantungan sabu bisa mengakibatkan kerusakan organ dan kematian. Dampaknya tentu perlahan tidak langsung dirasakan pengguna narkoba.

"Karena itu, jangan pernah mendekati sabu dan narkoba jenis lain. Tuntutan tampil baik ada di semua profesi, namun efek narkoba tidak lama karena pada akhirnya tubuh tetap merasa lelah. Konsumsi 1 kali, penasaran, cuma coba-coba berisiko menimbulkan ketergantungan yang bisa mengakibatkan kematian," kata dr Shilvya.



Simak Video "Flakka, Narkoba yang Bikin Penggunanya Jadi 'Zombie'"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)