Minggu, 21 Jul 2019 09:05 WIB

Unik! Para Dokter Gigi Gelar Seminar di Kapal Pinisi

Aditya Mardiastuti - detikHealth
Kolegium Dokter Gigi Indonesia (Foto: Aditya Mardiastuti/detikHealth) Kolegium Dokter Gigi Indonesia (Foto: Aditya Mardiastuti/detikHealth)
Jakarta - Untuk pertama kalinya Kolegium Dokter Gigi Indonesia (KDGI) menggelar seminar di kapal pinisi. Tema yang diangkat yaitu mengulas interdisiplin seputar masalah gigi dan mulut.

Total ada 9 pinisi yang mengulas materi berbeda. Sambil berlayar di Laut Flores, pemateri mengulas yaitu seputar hasil riset penelitian, klinisi, dan aplikasi.

Dari sembilan pembicara, ada tiga praktisi yang berasal dari luar negeri. Di antaranya dari Malaysia, Singapura, hingga Yunani.

dr Kleanthis Manolakis yang berasal dari Yunani mengusung tema 'Safeguarding Health: Modern Clinical Preventive Concepts'. Lalu Prof Chaminda Jayampath Seneviratne dari Singapura membawakan materi 'Point of care diagnostic in dental clinic: salivary biomarkers' serta dr Ibrahim Shahruddin dari Malaysia membawakan tema 'Impactful Career in a Digital World, A Young Dentist Story'.

:

Unik! Para Dokter Gigi Gelar Seminar di Kapal PinisiFoto: Aditya Mardiastuti/detikHealth

Total ada 103 dokter gigi dari Medan, Pekanbaru, Jakarta, Malang, Pontianak, Makassar hingga Abepura yang mengikuti acara ini. Selain materi, acara seminar ini juga diisi dengan sharing pengalaman masing-masing dokter.

Seperti di Pinisi Noah, tema yang diulas adalah tentang pencegahan karies gigi. Selama seminar berlangsung para dokter gigi yang menjadi peserta berdiskusi tentang kasus keseharian yang mereka temukan dan penanganannya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Interdisiplinary Explorer Labuan Bajo yang digelar KDGI bersama ARRA Foundation. Kegiatan ini digelar pada 19-21 Juli 2019 di Labuan Bajo dan diikuti kegiatan bakti sosial di Pulau Rinca.



Simak Video "Ini Dia Rapor Merah Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)