Senin, 22 Jul 2019 14:28 WIB

Lagi-lagi Mata Seseorang Jadi Buta Karena Menggunakan Softlens Saat Mandi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Seorang wanita jadi buta gara-gara mandi mengenakan softlens (Foto: Thinkstock) Seorang wanita jadi buta gara-gara mandi mengenakan softlens (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Kebiasaan wanita ini yang selalu mengenakan softlens ketika mandi dan berenang akhirnya memiliki konsekuensi serius. Ia mengalami kondisi mata langka yang menyebabkan mata kirinya buta.

Wanita yang berusia 41 asal Inggris ini mengunjungi dokter setelah penglihatannya kabur, mata sakit dan merasakan sensitivitas terhadap cahaya di mata kirinya selama dua bulan.

Kasus yang dilaporkan dalam The New England Journal of Medicine ini menunjukkan setelah dilakukan serangkaian tes, penglihatan mata kirinya hanya berkisar 20/200 yang dianggap sebagai 'kebutaan' di Inggris.

Dokter bahkan dapat melihat kabut di kornea mata wanita ini. Mereka lalu melakukan tes mata lain yang menggunakan cara khusus untuk mendeteksi kerusakan pada kornea. Selama tes ini, setiap kerusakan pada kornea akan tampak hijau dan sayangnya dokter menemukan semua korneanya berwarna hijau terang.



"Sampel dari matanya positif Acanthamoeba keratitis, infeksi parasit kornea yang langka. Infeksi ini diketahui merusak penglihatan seseorang dan terkait dengan penggunaan lensa kontak," kata Dr. Lanxing Fu, spesialis mata dari Manchester Royal Eye Hospital, melansir Live Science.

Acanthamoeba adalah amuba yang biasa ditemukan di air, tanah dan udara. Pemakai lensa kontak menghadapi risiko tertular infeksi ini jika mereka melakukan praktik tertentu, seperti membersihkan lensa dengan air keran atau berenang atau mandi sambil mengenakan lensa kontak.

Meski telah dirawat dan diberikan obat mata untuk membersihkan infeksinya, wanita ini tetap kehilangan penglihatan di mata kirinya karena bekas luka di kornea. Setelah satu tahun, wanita tersebut menjalani transplantasi kornea parsial untuk menggantikan jaringan yang sudah rusak dengan jaringan sehat dari donor.



Simak Video "Tips Atasi Mata Minus dan Silinder pada Anak Balita"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)