Selasa, 23 Jul 2019 09:29 WIB

Manfaat Temulawak, Salah Satu Bahan Ramuan Rahasia Jokowi

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jokowi mengonsumsi ramuan temulawak, jahe, dan kunyit setiap hari selama 18 tahun. Foto: Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom) Jokowi mengonsumsi ramuan temulawak, jahe, dan kunyit setiap hari selama 18 tahun. Foto: Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Dalam video di akun Instagram resminya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan ramuan rahasia yang selalu ia konsumsi setiap pagi sejak 18 tahun lalu. Ramuan itu disebutnya sangat sederhana.

"Jamu ini adalah jamu dari campuran temulawak, jahe, kunyit. Jadi jahe ditumbuk atau dirajang-rajang, temulawak ditumbuk dirajang rajang. Kunyit juga. Kemudian diseduh air panas, disaring kemudian diminum," tutur Jokowi.

Temulawak menjadi salah satu bahan yang ada di dalam jamu yang dikonsumsi Jokowi. Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza adalah tanaman obat yang berasal dari keluarga Zingiberaceae. Tanaman asli Indonesia ini kerap dijadikan bahan dasar obat tradisional.



Sebuah penelitian oleh Ali Rosidi dan kawan-kawan yang dipublikasikan dalam Pakistan Journal of Nutrition menunjukkan bahwa temulawak memiliki banyak manfaat sebagai antioksidan alami yang sangat baik. Komponen aktif yang bertanggung jawab untuk aktivitas antioksidan dalam temulawak adalah curcumin.

Analisis dilakukan dengan mengukur sifat antioksidan dan tingkat curcumin pada temulawak. Sifat antioksidan diukur menggunakan metode DPPH, sedangkan kadar curcumin diukur menggunakan HPLC.

Dikutip dari Medical News Today, antioksidan adalah zat yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, molekul tidak stabil yang diproduksi tubuh sebagai reaksi terhadap tekanan lingkungan dan lainnya.

Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan baik untuk kesehatan jantung dan juga dapat membantu menurunkan risiko infeksi dan beberapa jenis kanker.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Kata Jokowi soal Posisi Duduknya yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)