Rabu, 24 Jul 2019 12:00 WIB

Kenapa Saat Cuaca Dingin Tak Dianjurkan Menggosok-gosokan Tangan?

Firdaus Anwar - detikHealth
Menggosokkan kulit bukan cara tepat untuk atasi kedinginan. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Menggosokkan kulit bukan cara tepat untuk atasi kedinginan. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Di cuaca dingin mungkin kamu pernah melihat ada orang-orang menggosokkan kedua tangannya atau bagian tubuh lain untuk bisa merasa hangat. Tapi tahukah kamu kalau hal tersebut sebetulnya tidak dianjurkan oleh dokter?

Dijelaskan oleh dr Wisnu Pramudito D. Pusponegoro, SpB dari Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) yang terjadi saat cuaca dingin biasanya kondisi udara kering. Dampaknya kulit bisa jadi kehilangan elastisitas.


Pada orang-orang yang mengidap kondisi hipotermia di mana suhu tubuhnya turun di bawah normal karena suhu lingkungan yang dingin menggosokan tangan ini malah bisa menimbulkan luka.

"Yang tidak boleh dilakukan adalah menggosok-gosok kulit. Itu namanya dry warming," kata dr Wisnu pada detikHealth dan ditulis Rabu (24/7/2019).

"Pasien hipotermi terpapar dingin kulitnya lebih kering karena pembuluh darah menutup keringat enggak keluar. Kalau digosok mudah lecet, kulit terluka kuman gampang masuk," lanjutnya.

Saat kedinginan cara yang paling mudah untuk menghangatkan diri adalah dengan menggunakan cara penghangatan pasif. Bisa dengan memakai pakaian berbahan hangat, selimut, hingga minum air yang telah dipanaskan.



Simak Video "Cara Menangani Korban Hipotermia yang Tak Sadarkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)