Rabu, 24 Jul 2019 15:33 WIB

Punya Efek Candu, Ini yang Terjadi Saat Tubuh Berhenti Pakai Ganja

Kintan Nabila - detikHealth
Kampanye legalisasi ganja (Foto: Hasan Alhabshy) Kampanye legalisasi ganja (Foto: Hasan Alhabshy)
Jakarta - Jefri Nichol ditangkap karena penyalahgunaan narkoba jenis ganja. Ketika seseorang mulai kecanduan, apa yang terjadi jika kemudian berhenti memakai ganja?

Ganja memiliki zat adiktif yang bisa membuat penggunanya kecanduan. Bukan hal yang mudah untuk tubuh agar terlepas dari pengaruhnya. Karena itu perlu dilakukan proses rehabilitasi yang tidak sebentar.

Sebenarnya, apa yang terjadi pada tubuh saat seseorang berhenti menggunakan ganja? Dikutip dari Ranker, inilah tahapan-tahapannya.



1. Kecemasan berlebih

Dalam 24-72 jam pertama setelah berhenti menggunakan ganja, seseorang akan mengalami beberapa bentuk kecemasan. Untuk mengatasinya, para ahli merekomendasikan untuk melakukan latihan relaksasi, seperti pernapasan dalam, yoga, atau meditasi.

2. Mudah marah

Ledakan emosi adalah gejala yang umum ketika seseorang mulai lepas dari pengaruh ganja. Hal ini biasanya terjadi dalam 24-72 jam pertama setelah berhenti. Seseorang akan mudah marah dan tersinggung karena muncul perasaan takut dan sulit tidur.

3. Depresi

Depresi terjadi di minggu pertama setelah seseorang berhenti menggunakan ganja. Gejala ini membuat mereka kehilangan minat untuk beraktivitas dan menimbulkan perasaan tertekan.



4. Insomnia

Banyak orang menggunakan ganja untuk membantu tidur. Karenanya, ketika seseorang berhenti mengkonsumsi ganja mereka akan memiliki masalah tidur seperti insomnia. Beberapa orang mengatakan mereka sulit tidur dalam satu atau dua malam setelah berhenti bahkan beberapa bulan.

5. Muncul berbagai penyakit

Satu bulan setelah tubuh terlepas dari ganja. Pengguna dapat mengalami sejumlah efek samping fisik seperti, penurunan atau kenaikan berat badan, perubahan nafsu makan, sakit perut, gejala flu, pusing bahkan tremor.

Namun hal ini tergantung pada jenis kelamin, berat badan, kecenderungan genetik, dan berapa lama mereka menggunakan obat.

6. Peningkatan memori dan kecerdasan

Berhenti menggunakan ganja tidak semuanya berdampak buruk untuk tubuh. Faktanya, dalam satu bulan pengguna dapat mengalami peningkatan perhatian, memori, dan kecerdasan otak.

Para ahli merekomendasikan untuk melatih kembali fungsi otak setelah berhenti menggunakan ganja untuk mempercepat proses pemulihan. Lakukan hal-hal seperti bermain puzzle untuk membantu mengembalikan perhatian dan memori.

7. Paru-paru kembali normal

Paru-paru akan kembali normal setelah lepas dari ganja selama beberapa tahun. Namun, lama waktu yang dibutuhkan paru-paru untuk pulih tergantung pada seberapa lama orang tersebut menggunakan ganja.



Simak Video "Kini Dilegalkan di Kanada, Apa Dampak Ganja untuk Kesehatan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)