Kamis, 25 Jul 2019 05:43 WIB

Tak Cuma Urine Berwarna Gelap, Ini Tanda-tanda Tubuh Dehidrasi

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Tubuh memerlukan cairan agar berfungsi dengan normal (Foto: iStock)
Jakarta - Sama seperti tidur, air adalah hal krusial yang bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh dan harus didapatkan secara cukup. Banyak saran yang beredar, namun kita sering dianjurkan untuk meminum dua liter air setiap harinya.

Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan dehidrasi. Dan dehidrasi bukan cuma soal merasa haus, ada beberapa rangkaian gejala yang perlu diperhatikan. Berikut dirangkum dari Mirror UK:

1. Sembelit
Sistem pencernaan membutuhkan banyak cairan untuk bisa bekerja dengan lancar karena air lah yang bisa membantu makanan berjalan dengan mudah melewati saluran pencernaan, dan tentu saja menjaga usus tetap sehat. Jika kamu merasa sembelit, bisa jadi indikasi tubuhmu kekurangan cairan untuk menggerakkan makanan.



2. Tekanan darah rendah
Lebih dari setengah dari darah kita terbuat dari plasma, yang dibuat dari air, protein dan garam. Sehingga kita harus meminum cukup cairan untuk mencegah darah kita terlalu terkonsentrasi atau kental. Karena saat itu terjadi, aliran darah kita melambat dan tidak segera mencapai organ yang membutuhkannya dan berakibat tekanan darah merendah.

3. Keram otot
Efek samping tak menyenangkan lainnya dari dehidrasi adalah keram otot, yang disebabkan darah yang terkonsentrasi, sehingga menjadikan volume darah menurun. Saat hal ini terjadi, tubuhmu harus memprioritaskan dan fokus untuk mengirim darah ke jantung lebih dulu, sehingga ototmu akan menerima aliran yang tidak cukup dan menimbulkan keram.



4. Sakit kepala
Gejala dehidrasi paling umum adalah sakit kepala. Hal ini disebabkan karena otak tidak mendapat cairan yang cukup untuk berfungsi dengan benar. Kemudian menimbulkan serangkaian gejala seperti sakit kepala, migrain, kesadaran yang timbul tenggelam dan kepala nyut-nyutan.

5. Kelelahan
Merasa sangat lelah seharian? Dehidrasi bisa menjadi penyebabnya. Tekanan darah turun bisa disebabkan karena tak cukup cairan di dalam tubuh, yang menjadikan aliran darah ke otak melambat dan detak jantung meningkat. SAat dikombinasikan akan menjadi rasa lelah.

6. Urine berwarna gelap
Sistem ginjal membutuhkan air untuk berfungsi sama seperti sistem pencernaan kita. Air merupakan kunci untuk membantu ginjal kita membuang sisa-sisa dari darah dengan mengubahnya jadi air kencing. Mengurangi air berarti mengurangi kebutuhan untuk kencing atau pipis dan artinya juga air tersebut masih terdapat di dalam tubuh. Dan saat kencing umumnya urine berwarna gelap seperti teh karena semakin terkonsentrasi.

7. Mulut dan kulit kering
Kulit tubuh juga merupakan salah satu organ dan membutuhkan suplai darah sehat yang cukup untuk bisa berfungsi dengan baik. Tak hanya cukup dengan menggunakan pelembab, kita juga membutuhkan meminum air, sehingga kurang minum akan ditunjukkan dengan kulit yang kering. Mulut yang kering juga bisa terjadi karena tubuh tidak memproduksi air liur yang cukup, dan akhirnya menyebabkan bau mulut.



Simak Video "Kenapa Saat Demam Dianjurkan Banyak Minum Air Putih?"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)