Kamis, 25 Jul 2019 16:35 WIB

Lelah Duduk Seharian? Coba 'Lemesin' dengan Gerakan Yoga Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Pose yoga ini bisa redakan lelah setelah duduk bekerja seharian. Foto: iStock Pose yoga ini bisa redakan lelah setelah duduk bekerja seharian. Foto: iStock
Jakarta - Bekerja di depan komputer seharian tentu akan membuat kita lelah, termasuk karena jarang bergerak. Terlalu lama duduk bisa membuat tulang punggung jadi pegal-pegal.

Yoga bisa menjadi cara brilian untuk membangun tubuh dan pemikiran yang kuat. Hanya butuh beberapa menit saja untuk merilekskan otot, lakukan peregangan dan pikirkan soal postur dan pernapasan yang bisa meningkatkan energi, kelenturan, kekuatan dan kadar stres.

Dikutip dari Metro UK, sisi terbaik dari yoga adalah tidak perlu pergi ke studio untuk menjadi lebih ahli. Kamu bisa melakukannya di rumah, tiap pagi atau saat kamu pulang kerja dan hanya butuh ruangan serta karpet yoga di mana saja.


"Rangkaian ini sangat bagus dilakukan usai duduk seharian di meja kantor. Menggerakkan tulang punggung sangat penting untuk keseluruhan kesehatan tubuh dan menggerakkannya seperti ini bisa membantu meredakan nyeri bahu dan punggung yang menumpuk karena duduk. Bahkan bisa dicoba saat istirahat makan siang jika ada tempat yang memadai," kata Becky Crepsley-Fox, instruktur dan koordinator studio di MoreYoga.

Sebelum melakukan yoga, ingatlah untuk melakukan pemanasan seperti pernapasan, peregangan dan postur-postur kecil yang mengartikulasikan tulang belakang, memberikan ruang pada tubuh dan meregangkan fascia untuk menyiapkan tubuh melakukan gerakan ini.

Kemudian, jangan terburu-buru. Mulailah dengan perlahan, tidak perlu tergiur dengan beberapa pose Instagram-able dan memaksa melakukannya. Lakukanlah yoga dengan aman, kuasai beberapa gerakan dasar yang mungkin bisa saja sulit untuk dilakukan.


Gerakan ini disebut Becky dengan Mobilising Flow, yang dimulai dengan rangkaian sebagai berikut:

1. Mulai dengan mengaitkan kesepuluh jari di belakang punggung dan lengkungkan punggung, duduk bersimpuh dengan pantat di atas telapak kaki.

2. Hela napas dan tekuk tubuh ke depan seperti child's pose, di mana kening berada di lantai dan lengan (masih terkait) diangkat ke atas. Tarik napas dan kembali ke posisi semula. Ulangi beberapa kali.

3. Tarik napas dan tegakkan punggung. Lepas kedua tangan yang terkait dan sentuhkan jemari kanan ke lantai dan rentangkan lengan kiri di atas kepala kemudian hela napas.

4. Tahan posisi ini dan rilekskan bahu, sebelum menarik napas dan menghela napas lalu kembali ke tengah dan tarik ke arah sebaliknya.

5. Terakhir, kembali ke tengah dan tarik lengan kanan di belakangmu, sentuhkan jemari ke lantai. Putar tulang punggung dan mencoba lihat ke bagian belakang. Tahan posisi ini sebelum kembali ke tengah dan ulangi ke sisi lain.



Simak Video "Aqua Yoga, Pilihan Olahraga untuk Atasi Masalah Sendi Otot"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)