Jumat, 26 Jul 2019 11:37 WIB

Waspada! Main Ponsel 5 Jam Sehari, Obesitas Mengancam Nyawa

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi main ponsel terlalu lama. Foto: thinkstock Ilustrasi main ponsel terlalu lama. Foto: thinkstock
Jakarta - Di masa kini, orang-orang tampaknya tidak bisa terlepas dari ponsel mereka. Scroll timeline media sosial ataupun sekedar chatting di WhatsApp, berjam-jam waktu mereka dihabiskan di depan layar ponsel.

Sayangnya, penelitian yang dilakukan oleh Simon Bolivar University di Kolombia mengungkapkan, orang yang menghabiskan lima jam atau lebih di depan ponsel memiliki 43 persen kemungkinan mengalami obesitas.

"Hasil penelitian ini memungkinkan kami untuk menyoroti salah satu penyebab utama obesitas fisik, faktor risiko penyakit kardiovaskular," ujar Prof Mantilla-Morron, dokter spesialis jantung paru dan rehabilitasi vaksular Simon Bolivar University, dikutip dari Daily Mail.



Dalam penelitian ini, para peneliti mengamati lebih dari 1.000 mahasiswa pria dan wanita antara bulan Juni-Desember 2018 dengan melacak smarthphone-nya. Lebih dari 25 persen peserta kelebihan berat badan dan hampir lima persen mengalami obesitas karena menghabiskan lebih dari lima jam menggunakan ponsel.

Sambil menggunakan ponsel, mereka juga cenderung mengonsumsi minuman manis dan makanan cepat saji, dan tidak melakukan aktivitas fisik. Dan yang menarik, wanita yang menggunakan ponselnya lebih dari lima jam dua kali lebih mungkin mengalami kegemukan dibandingkan pria.

"Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan smartphone memfasilitasi perilaku menetap, mengurangi waktu aktivitas fisik, yang meningkatkan risiko kematian dini, diabetes, penyakit jantung, berbagai jenis kanker, ketidaknyamanan osteoarticular dan gejala muskuloskeletal," jelas Prof Mantilla-Morron.

Penelitian ini pun dipublikasikan dalam American College of Cardiology Amerika Latin Conference.



Simak Video "Cara Murah dan Mudah Hindari Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)