Senin, 29 Jul 2019 09:18 WIB

Deretan Manfaat Sehat Kiwi untuk Teman Sarapan Pagi Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Sarapan buah kiwi pagi ini bisa punya sederet manfaat untuk kesehatanmu. Foto: iStock Sarapan buah kiwi pagi ini bisa punya sederet manfaat untuk kesehatanmu. Foto: iStock
Jakarta - Mengonsumsi buah di pagi hari sangat tepat untuk membantu tubuhmu siap dan sehat seharian. Buah kiwi adalah salah satu buah yang tepat untuk dikonsumsi, bahkan saat perutmu kosong.

Si buah manis atau sedikit asam ini bisa menyingkirkan racun dari tubuh dan kaya serat bisa membantu menambah energi. Mengonsumsi satu hingga tiga buah kiwi sehari cukup untuk mendapatkan tambahan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan potasium.

Berikut adalah manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan memilih kiwi sebagai teman sarapan pagi ini, seperti dirangkum dari Health Line:



1. Bantu menangani asma
Jumlah kadar vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam kiwi rupanya bisa membantu menangani asma pada pengidapnya. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi tahun 2000 di mana ada manfaat pada fungsi paru bagi mereka yang mengonsumsi buah segar secara rutin, termasuk kiwi. Buah segar seperti kiwi juga bisa mengurangi napas ngik-ngik pada anak-anak yang rentan.

2. Memperlancar pencernaan
Kiwi sangat tepat bagimu yang sulit 'nongkrong' di pagi hari. Buah ini mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan, selain itu juga ada enzim proteolytic yang bernam actinidin yang bisa memecah protein. Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa ekstrak kiwi yang mengandung actiniding bisa meningkatkan pencernaan banyak protein dengan sangat baik.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kaya akan nutrisi dan vitamin C salah satunya bisa membantu tubuh memenuhi asupan harian vitamin yang disarankan. Vitamin C merupakan nutrisi penting yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar kamu terhindar dari sakit. Satu studi mengungkapkan kiwi bisa mendorong fungsi imun dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit flu atau demam. Hal ini sangat benar pada kelompok risiko tinggi seperti lansia di atas usia 65 tahun dan anak-anak.

4. Bikin tubuh tetap sehat
Stres oksidatif bisa merusak DNA kita dan menjadi masalah kesehatan. Antioksidan dalam buah kiwi terbukti dalam studi terdahulu bahwa konsumsi rutinnya bisa mengurangi kemungkinan terkena stres oksidatif. Kondisi ini juga terkait kuat dengan kanker usus besar, maka mengonsumsinya secara rutin bisa menurunkan risiko kanker tersebut.


5. Mengatur tekanan darah
Kiwi juga bisa membantu mengatur tekanan darah kita, menurut studi tahun 2014 yang menyebutkan senyawa bioaktif dalam konsumsi tiga kiwi sehati bisa menurunkan tekanan darah ketimbang konsumsi apel tiap hari. Dalam jangka panjang ini juga berarti penurunan risiko pada kondisi yang disebabkan oleh darah tinggi, seperti stroke atau serangan jantung.

6. Mengurangi pembekuan darah
Sebuah studi yang dilakukan University of Oslo menemukan bahwa memakan dua hingga tiga kiwi sehari secara signifikan dapat menurunkan risiko pembekuan atau penyumbatan darah. Selain itu juga bisa mengurangi jumlah lemak dalam darah sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Namun dalam beberapa kasus langka, efek dalam kiwi ini malah bisa meningkatkan pendarahan. Jika kamu memiliki kelainan pendarahan atau akan melakukan operasi bedah, sebaiknya hindari buah ini.

7. Meningkatkan daya pandang
Bukan wortel, namun kiwi menjadi buah yang baik untuk meningkatkan daya pandang. Kiwi dapat melindungi mata dari degenerasi makula yang bisa menyebabkan kehilangan pandangan. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi tiga porsi buah dalam sehari, degenerasi makula dapat turun sebesar 36 persen. Kandung zeaxanthin dan lutein dalam buah kiwi bisa berkontribusi pada efek tersebut.



Simak Video "Ayo Jangan Malas Minum Susu dan Makan Buah!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)