Senin, 29 Jul 2019 15:43 WIB

Lidah Mertua Disebut Tangkal Polusi, Ini Reaksi Pedagang Tanaman di DKI

Adelia Putri - detikHealth
Belum ada peningkatan berarti terkait minat untuk menanam lidah mertua yang diklaim bisa menangkal polusi (Foto: Adelia Putri/detikHealth)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI berencana membagikan tanaman lidah mertua. Jenis tanaman ini diklaim bisa menangkal polusi udara di Jakarta yang belakangan ini sedang tinggi-tingginya.

Beberapa pedagang tanaman yang ditemui detikHealth menyebut belum ada peningkatan yang berarti terkait minat warga untuk membeli tanaman lidah mertua. Namun diakui, ada juga yang membeli dengan alasan menangkal polusi.

"Kalau permintaan gitu nggak terlalu banyak. Tapi kalau satu-dua, ada lah yang cari," kata Heru, seorang pedagang tanaman di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (29/7/2019).


Seperti ini penampakan tanaman lidah mertua yang diklaim bisa menangkal polusi.Seperti ini penampakan tanaman lidah mertua yang diklaim bisa menangkal polusi. Foto: Adelia Putri/detikHealth

Kondisi yang sama juga dialami Ida, pedagang tanaman di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Menurutnya, sesekali memang ada yang mencari tanaman lidah mertua untuk ditanam sebagai penangkal polusi.

"Yang ngerti-ngerti saja sih yang beli. Yang tahu biasanya beli banyak," kata Ida.

Di lapak-lapak pedagang tanaman, lidah mertua dijual Rp 15 ribu per-polybag. Sedangkan bila bersama pot, tanaman ini dibanderol sekitar Rp 25 ribu.



Simak Video "Cara Natasha Rizky Lindungi Keluarga dari Polusi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)