Senin, 29 Jul 2019 16:22 WIB

Heboh Pria Makan Kucing di Kemayoran, Kenapa Orang Makan Hewan Hidup-hidup?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Video yang menayangkan seorang pria memakan kucing hidup-hidup viral di media sosial. (Foto: iStock) Video yang menayangkan seorang pria memakan kucing hidup-hidup viral di media sosial. (Foto: iStock)
Jakarta - Video yang menayangkan seorang pria memakan kucing hidup-hidup viral di media sosial. Polisi turun tangan mengusut kejadian ini. Dalam video yang beredar, disebutkan lokasi pria yang memakan kucing berada di Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Saya cari orangnya, anggota juga sudah nyari orangnya belum ketemu orangnya," ujar Kapolsek Kemayoran Kompol Syaiful Anwar ketika dimintai konfirmasi, Senin (29/7/2019).

Kasus manusia memakan daging hewan yang masih hidup bisa jadi karena memiliki gangguan kejiwaan. Duta Jakarta Animal Aid Network (JAAN), Femke Den Haas, bahkan mendesak agar pelaku segera ditangkap dan dikirim ke ahli jiwa untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

"Ini orang sakit jiwa, bahaya orang seperti itu karena bisa menyakiti binatang yang tidak bisa bela diri. Ini psikopat yang bisa bahayakan anak-anak juga," tuturnya.

Memang perilaku ini adalah hal yang sangat tidak wajar sehingga selain menganggap pelaku sakit jiwa, masyarakat seringlkali mengaitkannya dengan hal mistis. Makan hewan hidup-hidup juga masih menjadi praktik tradisional yang dikaitkan dengan budaya tertentu meski dalam praktiknya banyak yang mengecam karena masuk dalam kategori kekejaman pada hewan.


Pria makan hewan di Kemayoran bukan satu-satunya orang yang pernah memakan hewan hidup-hidup. Dikutip dari The Guardian, youtuber Food for Louis juga melakukan hal yang sama, bahkan terkesan jauh lebih ekstrim. Mulai dari 10 tikus yang diblender, kalajengking hidupm bahkan kadal besar dari Brasil.

Para penontonnya menganggap Louis Cole hanya mencari perhatian dengan melakukan aksinya tersebut. Padahal efek samping yang ditimbulkan dari tindakan nekat tersebut adalah kematian yang menyakitkan karena tubuh digerogoti bakteri.

Ozzy Osbourne, vokalis dari grup metal Black Sabbath, pun pernah memakan kelelawar hidup-hidup di konsernya dan ditonton oleh ratusan pasang mata. Dalam interviewnya yang dikutip dari The Washington Post, band Black Sabbath sering dijuluki sebagai 'Satanic Panic' karena karakter musiknya yang gelap dan berunsur seperti kematian.

Setelah itu, Ozzy kemudian menunjukkan pesona 'iblisnya' dengan makan kelelawar hidup yang dilemparkan oleh fansnya sebagai bentuk dari pertunjukan yang berunsur satanisme dalam konsernya.

Masih banyak kemungkinan lain yang tentunya perlu didalami dari kejadian pria makan kucing hidup-hidup di Kemayoran yang dikecam seluruh masyarakat Indonesia. Sampai saat ini, motif pria tersebut masih belum diketahui dan sedang di usut oleh kepolisian.



Simak Video "Kocak! Viral Facial 'Peletak Peletok' yang Bikin Pasien Histeris"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
News Feed