Senin, 29 Jul 2019 17:52 WIB

10 Fobia Teraneh yang Tak Pernah Kamu Sangka Ada di Dunia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi fobia. (Foto: thinkstock) Ilustrasi fobia. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Fobia merupakan gangguan mental yang paling umum. Seumur hidupnya, 11 persen orang pasti mengidap fobia. Fobia melibatkan pengalaman ketakutan yang terus-menerus serta berlebihan dan tidak masuk akal pada objek tertentu.

Beberapa fobia sudah banyak dikenali, beberapa belum, namun apapun fobianya, pengidapnya selalu hidup dalam ketakutan dan kecemasan. Seseorang yang memiliki fobia akan membuatnya menjadi lemah dan tidak bisa melakukan aktivitas.

Pada kasus ekstrim, fobia bahkan bisa merusak kehidupan seseorang karena rasa takutnya tak bisa lagi dikendalikan. Jenis fobia bisa beragam, mulai dari ketakutan pada hewan tertentu sampai takut pada hal-hal yang sebenarnya sepele.

Berikut fobia teraneh yang tak pernah kamu sangka ada di dunia dikutip detikHealth dari berbagai sumber


1. Arachibutyrophobia: Takut selai kacang menempel di langit-langit mulut

Sensasi selai kacang menempel di langit-langit mulut memang tidak menyenangkan bagi setiap orang. Tapi hal ini menjadi ketakutan terbesar untuk mereka yang memiliki fobia tersebut.

Jika mengidap fobia ini, mereka tidak mau makan selai kacang sesedikit apapun bahkan jika rasa tersebut terdapat pada es krim. Alasan terbesarnya bisa karena ketakutan tersedak atau lengket yang dirasakan ketika makan selai kacang.

2. Ablutophobia: Takut bersih-bersih dan mandi

Jika ada seseorang di sekitarmu yang memiliki bau badan luar biasa, mereka bisa jadi memiliki ketakutan akan mandi dan bersih-bersih. Biasanya fobia ini lebih sering terjadi pada wanita dan anak-anak. Fobia aneh ini umumnya berasal dari peristiwa masa lalu yang traumatis dan dapat menyebabkan isolasi sosial.

3. Siderophobia: Takut melihat bintang

Kamu mungkin sangat menikmati melihat bintang berkelap-kelip di langit pada malam hari, tapi tak semua orang menyukai kegiatan itu. Mereka yang memiliki siderophobia memiliki rasa takut terhadap bintang, dan mungkin menutup gordennya agar tidak kewalahan oleh betapa luas dan tak terkendalinya alam semesta.

4. Plutophobia: Takut pada uang

Beberapa dari kita mungkin berharap memiliki pluthophobia atau ketakutan yang tidak jelas pada uang. Manifestasi fobia ini beragam, bisa ketakutan pada uang itu sendiri, peluang menjadi kaya, atau takut menjadi orang kaya. Mereka yang memiliki fobia ini kebanyakan beranggapan bahwa memiliki banyak uang akan membuat seseorang menjadi serakah.

5. Hippopotomonstroses-quippedaliophobia: Takut akan kata-kata yang sangat panjang

Gejala dapat dipicu ketika seseorang melihat kata yang panjang, seperti "antidisestablishmentarianism." Ini dapat menyebabkan seseorang dengan hippopotomonstrosesquippedaliophobia merasa sangat takut dan cemas. Mereka mungkin juga menghindari membaca sehingga mereka tidak perlu menemukan kata-kata panjang yang akan membuat mereka panik.


6. Somniphobia: Takut akan tidur

Somniphobia menyebabkan kecemasan dan ketakutan yang ekstrem di sekitar pikiran akan tidur. Fobia ini juga dikenal sebagai hipnofobia, klinofobia, kecemasan tidur, atau takut tidur.
Dengan somniphobia, ketakutan yang ditimbulkannya umumnya cukup kuat untuk memengaruhi kehidupan sehari-hari secara keseluruhan

7. Caligynephobia: Takut pada wanita cantik

Juga dikenal sebagai venustraphobia, ketakutan terhadap wanita cantik jauh melampaui kegugupan atau intimidasi di sekitar seseorang yang cantik. Mereka yang fobia mungkin merasakan nyeri dada, mati rasa ekstrem, atau pingsan saat berada di dekat wanita yang menarik.

8. Nostophobia: Takut kembali ke rumah

Rumah mungkin menjadi tempat teraman dan ternyaman bagi sebagian orang tetapi tidak bagi pengidap nostophobia.
Orang-orang ini mungkin pernah mengalami pelecehan di sana, atau takut akan rasa malu jika kembali dan dianggap gagal.

9. Octophobia: Takut pada nomor delapan

Para ahli berpikir ketakutan nomor delapan itu bisa berakar pada takhayul karena sebenarnya mereka takut pada hal-hal yang sifatnya tak terhingga. Sebab jika membalikkan angka delapan, simbolnya sama seperti definisi tak terhingga atau inifinity. Seseorang yang mengidap fobia ini akan mengalami rasa cemas yang berlebihan hanya dengan melihat nomor delapan.

10. Chaetophobia: Takut pada rambut

Chaetophobia adalah fobia langka yang menyebabkan ketakutan pada rambut yang irasional. Sebagian besar takut dengan rambut orang lain dan, dalam beberapa kasus, bahkan rambut hewan. Banyak Chaetophobes mencoba menghindari orang dengan rambut tebal, lebat dan keriting atau gaya Afro.



Simak Video "Kisah Anastasia, Perempuan dengan 9 Kepribadian"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)