Senin, 29 Jul 2019 18:58 WIB

Keren! Rumah Sakit Ini Bikin Ladang Pertanian di Rooftop

Firdaus Anwar - detikHealth
Ladang ini dibangun di rooftop rumah sakit. (Foto: Dok. BMC)
Jakarta - Dibandingkan fasilitas kesehatan di perkotaan pada umumnya, Rumah Sakit (RS) Boston Medical Center (BMC) bisa dibilang cukup unik. Bagian rooftop gedung disulap menjadi ladang pertanian yang hasil panennya dimanfaatkan untuk bahan makanan pasien.

Ladang rooftop BMC sebetulnya sudah beroperasi sejak tahun 2017. Seiring berjalannya waktu kini ladang tersebut bisa menumbuhkan 25 varietas sayuran dan madu dari dua sarang lebah.


"Ini cara yang sangat menarik untuk mengatasi masalah kerawanan pangan di antara pasien sambil memberikan manfaat lingkungan," komentar peneliti Harvard, Aviva Musicus, seperti dikutip dari Reuters pada Senin (29/7/2019).

Rumah sakit yang terletak di kota Boston, Amerika Serikat, ini diketahui memang kebanyakan melayani pasien dari kalangan kelas menengah dan lansia.

Panen pertama ladang rooftop BMC dilaporkan menghasilkan sekitar 2 ton sayuran hijau dan rempah-rempah. Sebagian besar hasil panen digunakan oleh dapur RS untuk membuat makanan bagi pasien yang kurang mampu.

"Saya yakin hal seperti ini bisa diduplikasi rumah sakit manapun terlepas dari besarnya. Anda hanya harus bisa melihat lokasi yang sesuai dan mengerti dampak yang bisa ditimbulkan ke komunitas lebih besar daripada upaya penghematan lainnya," kata Direktur Senior Program Servis BMC David Maffeo.



Simak Video "Cerita Pilu Pakar Smart City Kesulitan Cari Bantuan RS saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)