Selasa, 30 Jul 2019 08:41 WIB

Gejala Kanker Paru, Penyakit yang Dialami Ichsan Yasin Limpo Sebelum Wafat

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ichsan meninggal usai berjuang lawan kanker paru. Foto: Ichsan Yasin Limpo (dok. Istimewa) Ichsan meninggal usai berjuang lawan kanker paru. Foto: Ichsan Yasin Limpo (dok. Istimewa)
Jakarta - Kabar duka datang dari mantan Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo (IYL) yang meninggal dunia di Jepang usai berjuang melawan kanker paru yang diidapnya. IYL diketahui sempat mendapatkan perawatan di Singapura dan kemudian berpindah ke Jepang.

"Innalillahi wainnailaihi radjiun, telah berpulang ke Rahmatullah bapak Ichsan Yasin Limpo pada pukul 07.35 waktu setempat di Jepang," kata kerabat IYL, Devo Khadaffi kepada detikcom, Selasa (30/7/2019).

Kanker paru merupakan penyakit yang saat ini banyak ditemukan dari semua jenis kanker lainnya di seluruh dunia, terbanyak pada pria. Beberapa waktu lalu, kanker paru menjadi sorotan usai wafatnya Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho yang berjuang melawan kanker paru sejak Desember 2017.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat pada tahun 2018 lalu kanker paru menempati urutan pertama kasus kanker di dunia dengan pengidap sebanyak 2,09 juta jiwa. Sementara menurut data GLOBOCAN 2018, kanker paru merupakan kanker terbanyak yang diidap oleh pria di Indonesia dengan 22.440 jiwa (14 persen).

Gejalanya yang tidak spesifik membuat kanker paru terkesan lebih sulit ditangani. Perokok aktif juga memiliki risiko terbesar untuk penyakit ini. Akan tetapi, ada lima gejala yang bisa kamu kenali dan jangan diabaikan, menurut spesialis paru dari RS Persahabatan, dr Elisna Syahruddin SpP (K) PhD, seperti berikut ini:


1. Batuk berdarah
Dalam kondisi apapun, batuk berdarah jelas bukan pertanda baik dan harus segera mendapatkan perawatan medis. Menurut dr Elisna, batuk berdarah bisa jadi tanda adanya kanker paru, walau perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya.

2. Nyeri dada
Sering merasa sakit di dada, punggung, dan terkadang bisa disertai rasa sesak di dada menjadi gejala awal kanker paru. dr Elisna menyebut rasa sakit yang dirasakan menunjukkan lokasi di mana tumor kanker berada, misalnya jika tumor berada di belakang dada, bisa jadi pasien merasakan sakit di punggung.

3. Batuk berkepanjangan
Jangan meremehkan batuk yang tidak kunjung sembuh hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Karena kondisi ini bisa jadi seseorang mengalami kondisi yang lebih seriu seperti seperti kanker paru.

"Adanya kanker di jalan pernapasan itu dapat mengiritasi tenggorokan dan membuat Anda batuk." jelas dr Elisna. Adanya kanker juga dapat menghasilkan lendir yang membuat batuk lebih buruk.


4. Sesak napas
Bukan sesak napas seperti pasien asma, namun jika kamu kerap terengah-engah saat menaiki tangga atau berjalan jauh, bisa jadi gejala kanker paru-paru, terutama jika disertai dengan gejala lainnya. Kesulitan bernapas ketika sedang duduk atau berbaring bisa jadi tanda masalah. Maka segera periksakan ke dokter.

"Sesak napas bisa berasal dari tumor menghalangi tenggorokan. Hal ini juga dapat berasal dari akumulasi cairan di dada yang mendorong atau menekan paru-paru sehingga kurangnya udara."

5. Kelelahan ekstrim dan penurunan berat badan
Penurunan berat badan dan hilang nafsu makan bisa jadi tanda kanker paru-paru. Selain itu, diikuti rasa lelah berlebihan, padahal tidak melakukan aktivitas berat bahkan hanya melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa.






Simak Video "Calon Pengantin, Lakukan Ini Sebelum Nikah untuk Cegah Kanker Serviks"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)