Selasa, 30 Jul 2019 09:21 WIB

Berenang di Danau, Pria Ini Tewas Karena Otak 'Dimakan' Bakteri

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi danau. Foto: (AFP)
Jakarta - Malang nasib seorang pria di Carolina Utara ini. Usai berenang di sebuah danau buatan, ia justru tewas akibat infeksi bakteri amoeba yang 'memakan' otaknya.

Pria tersebut positif terkena Naegleria fowleri, organisme bersel tunggal yang secara alamiah ditemukan di air tawar, seperti danau dan sungai, menurut pernyataan North Carolina Department of Health and Human Services (NCDHH), dikutip dari Live Science.


Menelan bakteri tersebut di dalam air tidak akan menyebabkan infeksi. Akan tetapi jika air yang mengandung amoeba ini naik ke hidung, organisme tersebut dapat masuk ke dalam otak dan menjadi fatal karena merusak jaringan otak lalu pembengkakan dan umumnya menyebabkan kematian.

"Turut berduka cita bagi keluaga dan orang-orang terkasih. Orang-orang harus sadar bahwa organisme ini ada di danau air tawar hangat, sungai, dan mata air panas di seluruh North Carolina. Jadi berhati-hatilah saat Anda berenang atau nikmati olahraga air," kata ahli epidemiologi Dr Zack Moore dalam pernyataannya.

Belum ada tes cepat untuk mengetes adanya Naegleria fowleri di dalam air. Mengidentifikasinya membutuhkan waktu berminggu-minggu, sehingga orang-orang yang ingin berenang di air tawar hangat setidak berasumsi ada risiko infeksi, tutur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.






Simak Video "Infeksi HPV Berisiko Menyebabkan Kanker Penis"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)