Rabu, 31 Jul 2019 07:36 WIB

Round Up

Model Ganteng Terlibat Sindikat Steroid, Kenali Fungsi dan Bahayanya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Terrence Murrell, model Inggris yang ditangkap di Bali (Facebook North Wales Police) Terrence Murrell, model Inggris yang ditangkap di Bali (Facebook North Wales Police)
Jakarta - Model ganteng asal Inggris, Terrence Murrell, ditangkap polisi di Bali. Selain membuat konten porno menyimpang, ia juga pernah terlibat sindikat impor steroid anabolik.

Di kalangan penggemar fitness, steroid kerap disalahgunakan untuk menumbuhkan otot secara instant. Pemakaian secara sembarangan berisiko menyebabkan tidak berfungsinya produksi hormon steroid alami oleh kelenjar adrenal.

"Umumnya digunakan untuk body building," kata praktisi kesehatan olahraga dr Michael Triangto, SpKO dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta kepada detikHealth, Selasa (30/7/2019).

Fungsi sesungguhnya adalah untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon. Steroid digunakan atas petunjuk dokter dan di Indonesia termasuk golongan obat keras atau daftar G (Gevaarlijk).



Karena mempengaruhi sistem hormonal, penyalahgunaan obat ini bisa berdampak serius. Menurut dr Michael, dalam jangka panjang pemakaian steroid bisa memicu serangan jantung dan stroke, bahkan diabetes.

"Jadi terjadi gangguan keseimbangan hormon. Yang bersangkutan tidak bisa memproduksi (hormon) steroid alami dari tubuh. Itu bisa menaikkan tekanan darah. Karena terus dipacu, bisa menyebabkan jantung jadi lelah," jelasnya kepada detikHealth, Selasa (30/7/2019).



Simak Video "Flakka, Narkoba yang Bikin Penggunanya Jadi 'Zombie'"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)