Rabu, 31 Jul 2019 11:38 WIB

Lahir Prematur, Bayi Ini Berbobot 369 Gram dan Seukuran Telapak Tangan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi bayi prematur. Foto: iStock Ilustrasi bayi prematur. Foto: iStock
Jakarta - Seorang bayi yang lahir prematur di Iowa, Amerika Serikat dengan bobot mengejutkan, yakni 369 gram. Bayi laki-laki yang diberi nama Jaden ini lahir hanya pada usia kandungan 23 minggu.

Ellon Smartt, sang ibu, mengatakan ia tahu bahwa anaknya akan lahir pada 11 Juli lalu saat ia terbangun dan merasa aneh. Dikutip dari The Sun, sepuluh menit usai mengeluhkan keadaannya pada pasangannya, Jordan, air ketubannya pecah.

Mereka langsung secepat mungkin menuju rumah sakit dan Jaden lahir dengan prosedur Caesar dalam keadaan gawat darurat. Meski terlahir sangat prematur, Jaden dilaporkan lahir dengan kondisi aktif.

"Aku bangga padanya. Dia bayi ajaib," tutur Ellon.


Bayi yang lahir kurang dari usia kandungan 37 minggu termasuk kategori prematur. Bayi prematur bisa berisiko tinggi memiliki masalah kesehatan jangka panjang atau masalah tertentu yang mengharuskan ia lama berada di rumah sakit.

Situs University of Utah Health menyebutkan bahwa bayi yang lahir di bawah usia 24 minggu umumnya memiliki kurang dari 50 persen harapan hidup, dan mereka yang sanggup bertahanpun memiliki risiko tinggi terdiagnosis masalah kesehatan jangka panjang.

Hingga kini Jaden masih berada di NICU sampai tanggal kelahiran seharusnya di November. Namun ia dikabarkan sudah bisa meminum ASI ibunya saat berusia 2 hari.

"(Kelahiran Jaden) mengajarkan kami bahwa selalu ada rencana dan kami belajar untuk menjadi sabar. Jaden sudah ada di sini dan itulah yang penting," pungkas sang ibu.



Simak Video "Kisah Pasangan Suami-Istri Abdikan Hidup Jadi Relawan Inkubator"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)