Rabu, 31 Jul 2019 15:59 WIB

Curhat Dokter yang Bingung Kenapa Pasien Takut Periksa Kesehatan

Firdaus Anwar - detikHealth
Cek kesehatan sebelum terlambat. (Foto: Firdaus Anwar/detikHealth) Cek kesehatan sebelum terlambat. (Foto: Firdaus Anwar/detikHealth)
Jakarta - Dalam sehari-hari spesialis jantung dr Vito A Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA dari Siloam Hospitals Lippo Village sering menemukan pasien datang dengan kondisi penyakit yang parah. Penyebabnya bermacam-macam namun sebagian besar karena pasien tidak pernah tahu kondisi kesehatannya.

Oleh sebab itu para penggiat kesehatan selalu menyuarakan agar orang-orang rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Namun sayang menurut dr Vito masih ada yang justru sengaja menghindari periksa kesehatan karena takut.


"Ini yang paling sering orang jarang mau medical check up, padahal sama kaya ke bengkel," kata dr Vito menganalogikan pemeriksaan kesehatan dengan servis kendaraan rutin.

"Logika nggak sih orang bilang 'saya nggak mau ke bengkel takut ketahuan rusaknya mobil saya apa'. Kita orang juga gitu mau periksa ini ngga? 'jangan ah dok, takut ketahuan sakit apa nanti malah stres,'" lanjutnya saat ditemui di acara Heart at Work di Auditorium Menara Bank Mega, Rabu (31/7/2019).

Tidak semua pemeriksaan medis melibatkan biaya, waktu, dan proses besar. Hal sederhana seperti cek tekanan darah, kolesterol, atau gula darah disebut dr Vito sebetulnya bisa dilakukan sehari-hari.

"Cek tensi kan gampang banget cuma tinggal tempel doang bisa kok," pungkasnya.

Baca juga:

Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)