Kamis, 01 Agu 2019 19:29 WIB

Selain Agung Hercules, 2 Tokoh Ini Pernah Melawan Kanker Otak Glioblastoma

Rosmha Widiyani - detikHealth
Agung Hercules berpulang. Foto: Agung Hercules (dok. Instagram) Agung Hercules berpulang. Foto: Agung Hercules (dok. Instagram)
Jakarta - Agung Santoso atau Agung Hercules berpulang pada Kamis (1/8/2019) setelah berjuang melawan glioblastoma atau glioblastoma multiforme (GBM). Dikutip dari WebMD, GBM adalah kanker otak yang awalnya tumbuh pada 1 sisi yang menyebar lewat saraf penyambung (corpus callosum).

Almarhum Agung ternyata bukan satu-satunya yang pernah berjuang GBM. Dikutip dari Time, 2 senator asal Amerika yang sempat menjalin persahabatan juga mengalami penyakit serupa. Mereka adalah senator asal Arizona John McCain yang meninggal pada 2018 dan Edward Kennedy dari Massachusetts yang berpulang pada 2009.



McCain didiagnosa mengalami GBM pada 2017 dan berpulang 1 tahun kemudian beberapa hari setelah ulang tahun yang ke-82. Seperti McCain, Kennedy juga meninggal 1 tahun setelah didiagnosa GBM pada usia 77 tahun. American Brain Tumor Association menyatakan angka harapan hidup rata-rata pasien GBM adalah 14,6 bulan.

Sebagai tambahan, GBM juga sempat dialami Beau anak laki-laki Wakil Presiden Amerika Serikat periode 2009-2017 Joe Biden. Beau berpulang pada 2015 atau 2 tahun sebelum kepergian McCain. Dalam upacara kepergian McCain, Biden sempat memberikan kata sambutan sambil mengingat almarhum anaknya.

GBM yang memang berasal dari dalam otak adalah jenis kanker yang tidak mudah menyebar ke bagian tubuh lainnya. Namun, jenis kanker ini tidak mudah diterapi karena sering saling tindih dengan jaringan otak lain yang sehat. Dikutip dari Mayo Clinic, kondisi ini menyulitkan operasi otak untuk menyingkirkan seluruh sel kanker. Hingga saat ini, GBM kerap diterapi dengan kemoterapi atau radiasi untuk memperlambat pertumbuhan kanker meski tak sepenuhnya menyembuhkan penyakit.



Simak Video "Sindiran Menkes: Kalau Saya Batuk, Lalu Dianggap Kena Virus Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)