Jumat, 02 Agu 2019 06:51 WIB

Radang Sendi Mulai Menyerang Usia Muda, Begini Mencegahnya

Michelle Natasya - detikHealth
Nyeri sendi bisa menyerang usia muda (Foto: thinkstock)
Jakarta - Radang sendi atau Osteoarthritis (OA) biasa dikenal sebagai penyakit degeneratif sendi yang menimbulkan rasa nyeri pada sendi. Meskipun begitu, OA belakangan juga banyak dijumpai pada usia muda. OA dapat menjadi salah satu rintangan dalam beraktivitas di usia produktif.

Penyakit OA tidak dapat disembuhkan. Oleh karena itu, pencegahan dini diperlukan untuk terhindar dari nyeri sendi yang menghambat produktivitas. dr Deasy Erika, SpKFR, dokter spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi berbagi tips yang dapat membantu mencegah OA pada usia dini.

Pertama, olahraga teratur dan terus bergerak secara aktif. Hal ini diperlukan untuk mengurangi penumpukan lemak di tubuh yang memberikan tekanan ekstra pada bantalan sendi, terutama lutut.



"Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi salah satu faktor penyebab OA di usia dini, makanya harus jaga berat badan dan menguatkan otot-otot paha," jelas Deasy saat dijumpai detikhealth di Jakarta Selatan, Kamis (1/8/2019).

Kedua, menjaga pola hidup sehat. Hindari konsumsi makanan manis secara berlebihan. Kadar gula yang tinggi juga merupakan salah satu faktor pemicu munculnya OA.



Simak Video "Mengenal Metatarsal, Cedera Patah Tulang yang Dialami Luna Maya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)