Jumat, 02 Agu 2019 14:10 WIB

Alasan Kanker Otak Bisa Kambuh Seperti Dialami Mendiang Agung Hercules

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Sosok Agung Hercules dikenal ramah dan suka menghibur (Foto: Aisyah/detikHealth) Sosok Agung Hercules dikenal ramah dan suka menghibur (Foto: Aisyah/detikHealth)
Jakarta - Sang 'promotor' kebugaran Agung Hercules akhirnya menghembuskan nafas terakhir usai berjuang melawan penyakit kanker otak glioblastoma stadium empat. Anak sulung Agung Hercules menyebut sang ayah sempat dinyatakan sembuh, namun ternyata kambuh kembali.

"Pertama itu kanker sudah sempet clear, sembuh sebelum lebaran. Setelah itu beberapa minggu sesudah itu kanker itu tumbuh lagi. Karena tumbuh lagi itu yang menyebabkan drop dan meninggal," tutur Mia Aulia Gaswara, dikutip dari detikcom, Jumat (2/8/2019).

Beberapa waktu lalu sahabat Agung juga menyebut ia sudah menjalani tiga kali operasi pengangkatan tumor sebelum akhirnya kambuh kembali. Tumor keempatlah yang merenggut nyawa pria pemilik nama asli Agung Santoso tersebut.



Seseorang disebut berada dalam status remisi atau bebas kanker usai operasi pengangkatan kanker. Meski dalam kondisi tersebut, bisa saja seseorang mengalami kekambuhan akibat masih adanya beberapa sel kanker 'bandel' yang tertinggal di dalam tubuh.

Situs Mayo Clinic menjelaskan bahwa tumor kanker dapat kambuh dan muncul kembali di lokasi yang sama atau di kelenjar getah beninig dan jaringan dekat kanker awal. Atau juga di tempat lain karena kanker ini telah menyebar atau bermetastase ke area yang lebih jauh dari lokasi awal kanker, tergantung pada tipe dan stadiumnya.

Kanker otak glioblastoma dalam hal ini diidap oleh Agung, biasanya tumbuh di salah satu sisi otak. Kanker ini bisa menyebar melalui serat saraf penyambung (corpus callosum) ke sisi otak lainnya, akan tetapi glioblastoma sangat jarang menyebar ke area di luar otak.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)