Jumat, 02 Agu 2019 17:27 WIB

Terungkap! Ini Rahasianya Memutus Gen Obesitas

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi obesitas. Foto: thinkstock Ilustrasi obesitas. Foto: thinkstock
Jakarta - Obesitas merupakan tren penyakit yang tak memandang usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bukan hanya soal pola makan berlebih, penyebab lain yang utama adalah genetik atau keturunan.

Seseorang yang memiliki riwayat keluarga dengan obesitas tentunya harap-harap cemas karena ia dapat mudah mengembangkan penyakit tersebut. Namun sebuah penelitian menemukan rahasia untuk memutus gen obesitas.

Penelitian yang dipublikasikan dalam PLOS Genetics ini mengungkapkan bahwa penangkal obesitas adalah olahraga. Hal ini dihasilkan dari analisis lebih dari 18.000 orang di Taiwan berusia 30-70 tahun dengan menyediakan sampel darah dan genom untuk diurutkan. Seluruh peserta melaporkan apakah mereka berolahraga secara teratur dan jenis olahraga apa yang dilakukan.

Para peneliti kemudian memindai genom partisipan untuk mencari gen yang terkait dengan peningkatan risiko obesitas. Kemudian diperiksa apa latihan jenis tertentu dapat menangkal risiko obesitas tersebut.



"Walaupun faktor keturunan sangat penting untuk obesitas, namun melakukan berbagai jenis latihan dapat mengubah hubungan ini," tulis peneliti pada makalahnya, dikutip dari Live Science.

Hasilnya secara keseluruhan, peserta yang terlibat dalam semua jenis olahraga cenderung memiliki indeks massa tubuh lebih rendah daripada mereka yang tidak teratur berolahraga. Namun, ada satu jenis olahraga yang memiliki dampak terkuat dalam menangkal obesitas, yakni jogging.

Peserta dengan gen obesitas yang suka jogging cenderung memiliki indeks massa tubuh lebih rendah, presentase lemak tubuh lebih rendah, dan lingkar pinggul lebih kecil dibandingkan orang dengan risiko serupa namun tidak jogging.

Tetapi bagi mereka yang tidak suka jogging tak perlu risau. Ada jenis olahraga lain yang juga dikaitkan dengan indeks massa tubuh yang lebih rendah di antara individu yang berisiko mengalami obesitas seperti mendaki gunung, berjalan, jalan cepat, dance, dan yoga.



Simak Video "Anak Doyan Minum Manis? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)