Sabtu, 03 Agu 2019 15:15 WIB

Viral Eyang Ibung, Ini Alasannya Seseorang Gampang Termakan Ramalan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Viral Eyang Ibung peramal gempa. Foto: BNPB: Jangan percaya ramalan gempa Eyang Ibung ini. (Tangkapan layar Facebook) Viral Eyang Ibung peramal gempa. Foto: BNPB: Jangan percaya ramalan gempa Eyang Ibung ini. (Tangkapan layar Facebook)
Jakarta - Gempa dengan magnitudo (M) 6,9 yang terjadi pada Jumat (2/8/2019) malam membuat netizen heboh di media sosial juga, lantaran viralnya sosok Eyang Ibung yang dinilai mampu meramal gempa. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan tegas mengingatkan untuk tidak percaya!

Secara psikologis, seseorang bisa percaya pada sebuah ramalan biasanya dikarenakan alasan fokalisme. Dikutip dari psychology.iresearchnet.com, fokalisme adalah kecenderungan seseorang untuk memberikan terlalu banyak fokus pada satu informasi tertentu ketika membuat penilaian dan prediksi.

Dengan terlalu fokus pada satu hal, dalam hal ini perisitiwa, orang cenderung mengabaikan pertimbangan penting lainnya dan akhirnya membuat penilaian yang tidak akurat sebagai hasilnya. Fokalisme sendiri kerap disebut ilusi fokus.



Fokus yang terlalu sempit pada suatu perisitiwa, baik positif maupun negatif dapat mengabaikan nilai realistis dari suatu peristiwa tersebut.

Menurut psikolog Dan Gilbert dan Tim Wilson, alasan lain mengapa seseorang percaya pada sebuah ramalan adalah karena tidak menyadari sistem kekebalan psikologis yang ada pada dirinya. Sistem kekebalan psikologis bertindak hampir sama seperti sistem kekebalan tubuh saat bertemu dengan virus yang mengancam jiwa.

"Namun karena sistem kekebalan psikologis sebagian besar tidak sadar, kebanyakan orang tidak menyadarinya," kata Gilbert dikutip dari Psychology Today.

Ramalan Eyang Ibung jadi heboh karena dianggap akurat memprediksi gempa Jumat (2/7/2019) kemarin. Padahal bila dicermati, ada lebih banyak perkiraannya yang meleset.



Simak Video "Viral Cerita Karyawan Sakit Leher Menahun Karena Kelamaan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)