Sabtu, 03 Agu 2019 20:15 WIB

Alami Gangguan Tidur, Anak-anak Ini Bisa 40 Kali Terbangun Saat Malam

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi anak terbangun. Foto: iStock Ilustrasi anak terbangun. Foto: iStock
Jakarta - Malam hari pasti menjadi waktu untuk rehat dari hiruk pikuk padatnya aktivitas sehari-hari. Namun tidak bagi sepasang suami-istri dari Sheffield, Inggris, Julian dan Jacqui Wolstenholme.

Setiap malam, putri kembar mereka bernama Jessica dan Jasmine mengalami gangguan tidur yang membuat mereka bisa terbangun 10 sampai 40 kali dalam satu malam. Kondisi ini mulai terjadi saat usia mereka tiga bulan dan berlangsung hingga usianya kini empat tahun.

"Pada usia sekitar tiga bulan, ketika banyak bayi mulai tenang, segalanya menjadi semakin buruk, dan semakin buruk, dan semakin buruk. Mereka hampir tidak pernah tidur," ujar Jacqui kepada BBC.



Kondisi kedua putrinya itu pun berdampak pada kedua orang tuanya yang mengalami kurang tidur. Jessica dan Jasmine pun menjalani pengobatan di klinik gangguan tidur dan terkadang mengharuskan mereka dirawat inap berulang kali.

"Mereka menderita penyakit kronis dan harus rawat inap berulang kali di rumah sakit. Beberapa tahun pertama mereka sangat sulit," tutur Jacqui.

Untuk menyiasatinya, Jaqui harus meredupkan semua lampu di rumah sejak satu jam sebelum si kembar pergi tidur. Mematikan televisi, radio, dan gadget. Hal yang boleh dilakukan sebelum tidur adalah kegiatan yang melibatkan koordinasi dengan tangan dan mata, seperti menggambar dan mewarnai.

"Itu masih bukan sesuatu yang alami bagi mereka, kita harus tetap rutin melakukannya," tandas Jacqui.



Simak Video "Bangga! Ini Tangan Bionik Ciptaan Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)
News Feed