ADVERTISEMENT

Minggu, 04 Agu 2019 14:07 WIB

Listrik Padam, RS Pusat Otak Nasional Andalkan Genset

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi pemadaman listrik massal. Foto: Photo by Sebastian Pociecha on Unsplash
Jakarta - Sejumlah tempat di Jakarta mengalami mati listrik pada Minggu (4/8/2019). Menghadapi kondisi ini, rumah sakit mengandalkan kekuatan genset untuk memenuhi kebutuhan listrik fasilitas layanan kesehatan tersebut.

"Saat ini di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) menggunakan genset," kata Direktur Sumber Daya Manusia, Pendidikan, dan Penelitian Rumah Sakit (SDM dan Diklit) RS PON dr Adin Nulkhasanah SpS, MARS pada detikHealth, Minggu (4/8/2019).


Genset yang digunakan RS PON sesuai standar yang digunakan di semua rumah sakit. Genset ini mampu menyuplai seluruh kebutuhan pelayanan kesehatan, yang akan langsung menyala dalam 15-20 detik sejak mati listrik.

Untuk kamar operasi dan Intensive Care Unit (ICU), RS PON menyediakan Uninterruptible Power Supply (UPS) yang berfungsi sebagai pengganti sumber listrik. UPS mampu menyala 15-20 detik lebih dulu sebelum genset.

Menurut dr Adin, secara keseluruhan saat ini kondisi mati listrik di RS PON masih dalam penanganan tim Instalasi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Rumah Sakit (IPSRS). dr Adin berharap kondisi pemadaman listrik massal ini tidak terjadi berkepanjangan.



Simak Video "Pemprov DKI Ubah Nama Rumah Sakit Jadi 'Rumah Sehat untuk Jakarta'"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT