Senin, 05 Agu 2019 16:55 WIB

Puasa Medsos Gara-gara Mati Lampu, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Jiwa

Michelle Natasya - detikHealth
Lowbat dan nggak ada sinyal adalah neraka bagi mereka yang kecanduan medsos (Foto: iStock) Lowbat dan nggak ada sinyal adalah 'neraka' bagi mereka yang kecanduan medsos (Foto: iStock)
Jakarta - Pantauan detikHealth hingga Senin siang (5/8/2019), listrik dan jaringan masih padam di sebagian wilayah Jabodetabek. Warga terpaksa harus meninggalkan gadget mereka karena kehabisan baterai, dan harus melakukan detoks digital secara massal.

Psikolog klinis dari Personal Growth, Linda Setiawati, M.Psi, mengatakan bahwa detoks digital mampu membuat seseorang lebih mengenal dirinya dan mendapatkan ketenangan.

"Lebih bisa kenal sama dirinya. Menyadari sebenarnya apa yang sedang terjadi karena kadang kita suka overwhelmed sama berita yang ada, kemudian kita tambah cemas. Dengan detoks digital kita lebih bisa punya waktu sendiri untuk rileks, tenang, dan lebih bisa berpikir," kata Linda saat dijumpai detikHealth di Meruya, Jakarta Barat, Senin (5/8/2019).



Senada, Veronica Adesla, M.Psi, Psikolog dari Personal Growth mengatakan bahwa detoks digital bermanfaat tidak hanya bagi diri seseorang tetapi juga relasinya dengan orang lain.

"Manfaat detoks digital itu lebih ke 'here and now', lebih sadar. Di waktu ini kita ada di sini. Nggak cuma tubuh kita aja tapi juga pikiran dan hati kita. Kita lebih aware dengan topik yang dibicarakan dan dengan siapa kita berinteraksi," jelas Veronica, ditemui dalam kesempatan yang sama.

Oleh sebab itu, hidup tanpa listrik dan jaringan untuk beberapa hari ke depan tidak selamanya merugikan.

"Di situasi seperti ini bisa saja kita jadi bahagia kalau kita mutusin untuk bahagia. Jadi enjoy the moment aja," tutup Veronica.



Simak Video "Hati-hati Bahaya Kesemutan Karena Kelamaan Main Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)